#FYI: Pembahasan Siapa Itu Daimyo dalam Anime Naruto?

Siapa itu Daimyo
wikia.com

Bagi kamu pecinta film Samurai, sudah pasti tidak asing dengan istilah daimyo. Tetapi, pada artikel kali ini saya tidak akan membahas soal daimyo pada cerita Samurai.

Pada artikel kali ini akan dibahas siapa itu daimyo pada anime Naruto. Daimyo pada Naruto sebenarnya memiliki peran yang sangat penting sekali, tetapi sangat sedikit kemunculannya dalam anime Naruto.

Keputusan mereka sangat mempengaruhi jalan cerita Anime Naruto. Dan meskipun sudah banyak yang menikmati anime Naruto, tetap saja masih banyak yang tidak menyadari kehadiran para Daimyo.

Siapa itu Daimyo?

Daimyo Konoha
dunikau.idntimes.com

Daimyo adalah sebuah gelar bukan nama seseorang. Secara harfiah, Daimyo berarti Nama Besar. Hal ini merujuk pada kekuasaan mereka yang memang besar, yaitu mencakup satu negara.

Seperti yang kita ketahui, dalam Anime Naruto terdapat 5 negara besar shinobi, yaitu adalah Negara Tanah di daerah barat laut, yang Negara Petir di daerah timur laut, yang Negara Air di daerah Timur, Negara Angin di daerah barat daya, dan Negara Api di daerah tengah.

Bukti Kekuasaan dan Pengaruh Para Daimyo

Nah, Daimyo memiliki kekuasaan seluas satu negara. Tidak seperti Kage yang hanya berkuasa atas satu desa. Jadi, bisa dikatakan bahwa perbandingan Daimyo dan Hokage itu seperti presiden dan kepala desa.

Daimyo berperan sebagai pengambil keputusan yang final. Tetapi Daimyo dalam mengambil keputusan tetap mempertimbangkan pendapat dari perwakilan desa shinobi yaitu dari kalangan Jonin, seperti pengangkatan seorang Kage.

Para Daimyo tidak pernah tampil dalam pertarungan karena memang mereka tidak memiliki kemampuan berperang. Maka dari itu setiap kemunculannya, para Daimyo selalu tampak seperti karakter yang sangat lemah dan kurang berpengaruh.

Dan karena tidak pernah bertarung dan berperang, Daimyo menjadi salah satu penyebab timbulnya banyak perang ninja selain Perang Ninja Keempat.

Bagaimana bisa?

Karena para daimyo tidak pernah berperang atau setidaknya dekat dengan perang, mereka hampir tidak pernah bernegosiasi dengan pihak lain untuk berdamai.

Karena tidak ada pembicaraan atau perjuangan agar bisa damai, akhirnya sering terjadi perang ninja antar desa atau negara.

Bukti lain betapa berpengaruhnya seorang Daimyo adalah ketika Kisame menjadi ninja buronan tingkat tinggi karena membunuh seorang daimyo dari negara yang  tidak disebutkan nama negaranya.

Hal ini tidak akan terjadi jika seorang Daimyo bukan seorang yang berpengaruh dan berkuasa.

Pengaruh Daimyo Pada perang Ninja Keempat

Daimyo di Manga

Sadar atau tidak, pada perang Ninja keempat ada pengaruh dari Daimyo masing-masing negara. Apa itu? Yaitu terbentuknya aliansi ninja yang Bersatu melawan Tobi dan Madara.

Meskipun memiliki nasib yang sama, aliansi para ninja tidak bisa terbentuk begitu saja. Nasib yang sama bukan penentu terbentuknya aliansi ninja.

Para aliansi dari masing-masing negara membutuhkan izin resmi dari semua Daimyo. Jika para Daimyo tidak setuju dengan pembentukan aliansi Ninja, sudah pasti kita tidak akan melihat momen para ninja dari berbagai desa dan negara Bersatu dalam melawan Madara dan Tobi.

Mereka akan berjuang sendiri-sendiri dan belum tentu berhasil melawan Madara dan Tobi yang sudah berhasil membangkitkan sebuah Bijuu ekor 10.

Nama Daimyo Pada Anime Naruto

Meskipun beberapa kali muncul dalam anime Naruto dan memiliki peran serta kekuasaan yang besar, nama mereka tidak disebutkan.

Lalu, bagaimana rakyatnya menyebut atau memanggil masing-masing Daimyo?

Masing-masing Daimyo disebut dengan nama negara asalnya. Seperti misalnya Daimyo dari Negara Api disebut Daimyo Api, atau dari Negara Petir disebut Daimyo Petir dan lain-lain.

Artikel Menarik Lainnya
Total
4
Share