11 Rekomendasi Serial Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa (Update 2021)

Anime Romance Terbaik

Cari rekomendasi anime romance?

Kamu ke tempat yang tepat karena kami akan memberikan rekomendasi anime romance terbaik sepanjang masa pada arikel ini.

Yang kami sajikan ini anime yang yang menurut kami benar-benar terasa romantisnya dan bukan karena ada adegan ecchi-nya.

Daftar anime-anime pada artikel ini merupakan pilihan tim Nisomnia jadi jika menurutmu ada anime romantis yang bagus tapi tidak ada pada list tuliskan saja di kolom komentar.

Oke langsung saja!

Rekomendasi Serial Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa (Update 2020)

1. Ao Haru Ride

Daftar anime romance terbaik kita buka dengan anime Ao Haru Ride.

Ao Haru Ride bercerita tentang pertemuan Yoshioka Futaba dengan teman satu angkatannya Mabuchi Kou di SMP.

Mereka bertemu di sebuah kuil saat sedang berteduh dan setelah kejadian tersebut mereka semakin dekat dan Futaba pun menyadari akan perasaanya terhadap Kou.

Suatu hari, Kou mengajak Futaba untuk datang ke festival musim panas. Namun Kou tidak datang dan akhirnya Futaba malah menunggu sendirian

Selesai liburan Futaba berencana menemui Kou tetapi ternyata Kou sudah pindah sekolah tanpa berpamitan dahulu kepada Futaba.

Tiga tahun kemudian, saat sudah SMA Futaba yang sudah merubah penampilannya bertemu lagi dengan Kou dan lagi-lagi mereka dipertemukan di kuil yang sama seperti dulu.

Futaba sangat terkejut karena bisa bertemu lagi dengan orang yang dia sukai. Namun, yang dia temui ternyata Tanaka Kou bukan Mabuchi Kou seperti yang dulu.

Dari sinilah kisah Futaba yang tidak ingin ada lagi penyesalan dalam hidupnya dimulai.

Informasi Ao Haru Ride

  • Judul: Ao Haru Ride
  • Judul Lain: Blue Spring Ride, Aoharaido
  • Total Episode: 12
  • Tayang: Summer 2014
  • Genre: Romance, Comedy, Drama, School, Shoujo, Slice of Life
  • Studio: Production I.G
  • Rating: Remaja

2. Tsugi ga Kirei

Selanjutnya, kita lanjutkan daftar anime romance terbaik dengan anime Tsuki ga Kirei.

Tsugi ga Kirei bercerita tentang Kotarou Azumi dan Akane Mizuno yang satu sekolah tetapi baru saling mengenal saat memasuki tahun terakhir di sekolah.

Kotarou dan Akane memiliki sifat yang cukup berbeda. Kotarou merupakan ketua klub sastra yang suka membaca dan lumayan pendiam, sedangkan Akane adalah anggota klub lari yang memiliki banyak teman dan selalu terlihat ceria.

Secara tidak disengaja, mereka sering terlibat kedalam suatu urusan dan karena hal inilah tumbuh rasa suka diantara keduanya.

Pada suatu malam yang cerah di bawah sinar rembulan, Kotarou menemui Akane dan menyatakan perasaannya. Akane pun merimanya.

Akan tetapi…

Banyak hambatan dalam kisah cinta mereka yang dimana keduanya masih polos dan baru pertama kali menjalani sebuah hubungan.

Siapa sangka ternyata dengan melalui berbagai masalah bisa mempererat perasaan diantara mereka berdua.

Informasi Tsuki ga Kirei

  • Judul: Tsuki ga Kirei
  • Total Episode: 12
  • Tayang: Spring 2017
  • Genre: Romance, School
  • Studio: Feel
  • Rating: Remaja

3. Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai

Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai bercerita tentang sebuah sindrom pubertas yang dialami banyak pelajar SMA.

Karena sindrom yang aneh ini, Azusagawa Sakuta mendapatkan luka seperti cakaran di dadanya tanpa sebab yang jelas. Lalu, adiknya tidak bisa pergi ke sekolah karena sindrom ini.

Mereka memutuskan untuk tinggal berdua jauh dari orang tua mereka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi lagi.

Suatu hari, Sakuta bertemu dengan Sakurajima Mai, seorang artis yang juga kakak kelasnya memakai kostum bunny girl lalu lalang tanpa disadari orang disekitarnya.

Hanya Sakuta saja yang bisa melihatnya dan dia menyadari mungkin yang terjadi pada Sakurajima Mai merupakan sindrom aneh yang dia rasakan dulu tapi dalam bentuk yang berbeda.

Dari pertemuan tersebut, Sakuta berusaha memecahkan masalah sindrom pubertas yang terjadi pada Sakurajima Mai bersama dengan teman dekatnya Futaba Ryo.

Karena masalah sindrom pubertas inilah Sakuta semakin dekat dengan Sakurajima Mai lalu mereka pun berpacaran.

Akan tetapi, selama menjalani hubungan tersebut mereka banyak menemui kasus sindrom pubertas yang berbeda-beda dari orang disekitar.

Jika kamu suka anime romance dengan plot twist seperti Monogatari series dan Suzumiya Haruhi no Yuuutsu sangat disarankan untuk menontona anime yang dikenal dengan nama lain AoButa ini.

Informasi Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai

  • Judul: Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai
  • Judul Lainnya: Ao Buta, AoButa
  • Total Episode: 13
  • Tayang: Fall 2018
  • Genre: Romance, School, Comedy, Supranatural
  • Studio: CloverWorks
  • Rating: Remaja

4. Tada-kun wa Koi wo Shinai

Anime romantis dengan judul Tada-kun wa Koi wo Shinai bisa dibilang seperti cerita cinderella di masa modern tetapi karakternya dibalik.

Jika dalam cerita cinderella mengisahkan gadis biasa yang jatuh cinta pada pangeran, pada serial anime Tada-kun wa Koi wo Shinai mengisahkan laki-laki biasa yang jatuh cinta pada tuan putri.

Tada Mitsuyoshi adalah seorang anak SMA biasa yang menyukai fotografi. Karena hobinya tersebut dia mengikuti klub fotografi dan hampir setiap saat membawa kamera kemana pu dia pergi.

Suatu hari, saat Tada sedang memotet kastil di tempat wisata Tada tidak sengaja bertemu dengan seorang bule bernama Teresa Wagner.

Usut punya usut, Teresa yang merupakan putri kerjaan Luksemburg ternyata terpisah dengan temnanya dan tersesat.

Tada pun membawa Teresa ke tempatnya agar bisa menghubungi teman Teresa yang bernama Alexandra Magritte.

Keesokannya Tada terkejut, Teresa dan Alex ternyata adalah murid pindahan di sekolahnya dan tempat tinggalnya pun tidak jauh dari kedai kopi yang ditinggali Tada.

Teresa dan Alex memutuskan untuk masuk ke klub fotografi yang diikuti oleh Tada.

Dari sinilah kisah Tada, Teresa dan anggota klub lainnya dimulai.

Informasi Tada-kun wa Koi wo Shinai

  • Judul: Tada-kun wa Koi wo Shinai
  • Judul Lainnya: Tada Doesn’t Fall in Love, Tada-kun wa Koi o Shinai, Tadakoi
  • Total Episode: 12
  • Tayang: Spring 2018
  • Genre: Romance, School, Comedy
  • Studio: Doga Kobo
  • Rating: Remaja

5. Kimi ni Todoke

Anime romance terbaik selanjutnya yang akan kami bahasa adalah Kimi ni Todoke.

Sekilas jika hanya membaca sinopsisnya saja akan terbayang kalau cerita pada anime sangat kelam.

Kenapa?

Karena cerita pada anime ini berfokus pada seorang wanita yang diajuhi oleh semua teman sekelasnya karena wajahnya sekilas mirip sadako.

Ada gosip yang beredar di sekitar sekolah jika ada yang menatapnya selama lebih dari 3 detik maka orang yang menatapnya itu akan terkena kesialan.

Singkat cerita gosipnya mulai menyebar lebih luas lagi di sekolah dan membuat gadis itu bukan hanya tidak memiliki teman saja, tetapi orang-orang yang tidak sengaja bertatapan dengannya langsung meninta maaf karena takut terkena kesialan.

Kelam bukan?

Tapi setelah disaksikan ternyata tidak sekelam yang dibayangkan. Pembawaan cerita pada anime ini lebih terlihat seperti drama pada anime romance comedy biasa.

Gadis yang mirip dengan Sadako ini bernama Sawako Kuronuma. Dia sedari kecil diajarkan oleh keluarganya agar menolong orang yang membutuhkan.

Tapi karena sifatnya yang pendiam dan mukanya yang terlihat lesu membuat keselahpahaman diantara banyak teman sekelasnya hingga Sawako sering dipanggil Sadako dan dijauhi.

Suatu hari Sawako membantu seorang laki-laki tampan bernama Shouta Kazehaya yang sedang mencari alamat.

Di pertigaan Kazehaya melihat Sawako berdiri dibawah pohon sakura yang daunnya sedang berguguran. Kazehaya pun mengambil daun tersebut lalu pergi meninggalkan Sawako.

Keesokan harinya, ditengah gosip yang menimpa Sawako hanya Kazehaya yang tidak mempercayainya karena dia sadar setelah yang terjadi kepada mereka kemarin.

Setelah peristiwa tersebut kisah cinta antara Sawako dan Kazehaya dimulai.

Informasi Kimi ni Todoke

  • Judul: Kimi ni Todoke
  • Judul Lainnya: Kimi ni Todoke: From Me to You, Reaching You
  • Tayang: Fall 2009, Winter 2011
  • Genre: Romance, School, Shoujo
  • Studio: Production I.G
  • Rating: Remaja

6. Just Because!

Suka anime romance yang memiliki unsur cinta segitiga?

Kalo iya Just Because! harus kamu tonton.

Just Because! bercerita tentang Izumi Eita yang harus pindah sekolah di penghujung kelulusan karena pekerjaan Ayahnya.

Di sekolah barunya Izumi bertemu dengan teman SMP nya Souma Haruto dan Natsume Mio.

Sejak SMP Izumi sudah memiliki perasaan suka terhadap Mio tetapi dia sadar jika yang Mio sukai bukan dirinya melainkan Haruto.

Di SMA Izumi mengatahui bahwa Haruto ternyata menyukai gadis lain dari klub terompet bernama Marikawa Hazuki.

Izumi tetap diam tidak memberitahu Haruto tentang perasaan Mio sambil menahan perasaannya yang tidak pernah tersampaikan.

Di sisi lain, ada Ena Komiya dari klub fotografer yang klubnya terancam bubar karena tidak adanya prestasi yang dipersembahkan kepada sekolah.

Komiya secara tidak sengaja terlibat suatu kejadian dengan Izumi yang membuat Komiya semakin peduli terhadap Izumi lalu perlahan-lahan Komiya pun memiliki perasaan yang lebih.

Cerita dari Just Because! berfokus pada masa-masa akhir sekolah yang tidak ingin diakhiri dengan penyesalan oleh setiap karakter.

Perjuangan, penyesalan, kesediahan, kegembiaraan benar-benar terpadu dengan bagus dan menjadikan orang yang menyaksikan anime ini merasakan drama yang luar biasa antara para karakter.

Informasi Just Because!

  • Judul: Just Because!
  • Total Episode: 12
  • Tayang: Fall 2017
  • Genre: Romance, School, Drama
  • Studio: Pine Jam
  • Rating: Remaja

7. Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. (Oregairu)

Selanjutnya, pada daftar anime romance school terbaik ini kita akan membahas tentang anime Yahari Ore no Seishun Love Comedy atau yang dikenal dengan nama Oregairu.

Mungkin kamu salahsatu pembaca yang sudah mengetahui anime ini …

… karena anime ini benar terkenal dikalangan Otaku/Wibu veteran.

Pada awal ceritanya, Oregairu tidak seperti anime romance yang ceritanya tentang perjuangan 2 orang yang memiliki perasaan sama seperti kebanyakan anime romance lainnya.

Oregairu menyuguhkan kisah cinta antara dua orang anti sosial yang dipaksa oleh gurunya menjalankan klub relawan untuk membantu orang lain dan bersosialisasi.

Hikigaya Hachiman seorang siswa SMA yang biasa-biasa saja di semua mata pelajarannya di sekolah.

Dia seperti itu sebenarnya hanya karena tidak ingin melewati masa SMA penuh dengan hal – hal yang dia pandang merepotkan.

Pada suatu waktu Hachiman disuruh oleh gurunya Hiratsuka Shizuko untuk mengisi lembar rencana masa depan.

Hachiman ingin fokus menganggur karena menurutnya bekerja terlalu merepotkan maka dari itu dia tidak mengisi rencana masa depannya.

Melihat muridnya yang suram Shizuko sensei memasukan Hachiman secara paksa ke dalam klub relawan yang saat itu hanya terdiri dari murid anti sosial lainnya, Yukinoshita Yukino.

Hachiman dan Yukino diharuskan menolong orang lain yang memiliki permohonan terhadap klub relawan.

Suatu ketika ada seorang murid Yuigahama Yui meminta pertolongan untuk mengajarinya membuat kue karena kue buatannya selalu gosong.

Yukino memenuhi permintaan tersebut walaupun hasilnya mengecewakan.

Wahh sepertinya saya terlalu banyak memberi tahu isi dari anime ini …

.. pokonya tonton saja jika penasaran dengan cerita dari anime romance berjudul Oregairu ini.

Oh iya …

Jika di season pertama anime ini lebih dominan menceritakan kegiatan klub, di season keduanya lebih menceritakan tentang masing-masing karakter dan kisah cinta segitiga diantara para karakter.

Season ke 3 nya sebentar lagi akan tayang dan belum banyak yang bisa saya ceritakan karena ada kemungkinan cerita pada animenya sedikit berbeda dengan versi light novelnya.

Informasi Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru.

  • Judul: Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru
  • Judul Lainnya: My Teen Romantic Comedy SNAFU, My Youth Romantic Comedy is Wrong as I Expected, Oregairu
  • Tayang: Spring 2013, Spring 2015, Spring 2020
  • Genre: Romance, School, Comedy, Drama
  • Studio: Brain’s Base, Feel
  • Rating: Remaja

8. Nisekoi

Nisekoi atau yang memiliki nama lain False Love adalah anime romance school legendaris yang menciptakan peperangan di kalangan para Otaku dan Wibu.

Nisekoi bercerita tentang Ichijou Raku, seorang anak gangster Yakuza yang dikenal dengan Shuei-gumi.

Sewaktu kecil dia pernah membuat janji dengan seorang gadis untuk menikah di masa depan nanti.

Sebagai tanda janji tersebut, sang gadis memberikan liontin yang haya bisa dibuka olehnya kepada Raku.

Raku tidak pernah melupakan gadis di masa kecilnya walaupun di sekolah dia menyukai gadis bernama Kosaki Onodera.

Suatu hari, datang gadis cantik pindahan dari Amerika ke sekolah Raku. Gadis itu bernama Kirisaki Chitoge.

Ternyata …

Chitoge adalah anak dari ketua gangster Amerika yang pindah ke Jepang.

Sejang kedatangan gangster tersebut, Yakuza Shuei-gumi yang dipimpin ayah Raku merasa terganggu.

Agar tidak terjadi peperangan antara kedua gangster ayah Raku dan ayah Chitoge memutuskan agar anak mereka berpacaran. Walaupun pura-pura.

Selain Chitoge dan Onodera ada juga karakter cewek lainnya karena anime ini sangat dominan unsur haremnya.

Informasi Nisekoi

  • Judul: Nisekoi
  • Judul Lainnya: Nisekoi: False Love
  • Tayang: Winter 2014, Spring 2015
  • Genre: Romance, School, Comedy, Shounen, Harem
  • Studio: SHAFT
  • Rating: Remaja

9. Ore wo Suki nano wa Omae dake ka yo (Oresuki)

Oresuki adalah anime paling baru pada daftar anime romance terbaik ini.

Saat tulisan ini dibuat anime nya masih on-going.

Anime ini sangat dominan unsur comedy-nya. Jangan sampai dilewatkan jika kamu menyukai anime yang membuat tertawa.

Ore wo Suki nano wa Omae dake ka you bercerita tentang Kisaragi Amatsuyu yang sering dipanggil dengan panggilan Jouro.

Jouro ini merupakan anak sekolah SMA yang sangat menginginkan kehidupan cinta yang damai semasa sekolahnya.

Suatu weekend, Jouro diajak kencan oleh 2 wanita paling terkenal di sekolahnya.

Yang pertama dengan ketua osis Sakura Akino (Cosmos) di hari sabtu dan dilanjut di hari minggu kencan dengan teman masa kecilnya Aoi Hinata (Himawari).

Jorou sangat merasa senang pada awalnya sampai ketika kedua wanita yang mengajaknya kencan ternyata tidak menyukai Jouro …

… dan malah meminta Jouro untuk mencomblangkan keduanya pada taman dekat Jouro Ooga Taiyou (Sun-Chan).

Jouro pun menyanggupinya.

Singkat cerita karena suatu hal rencana macomblang sering gagal dan Jouro bersembunyi di perspustakaan.

Di perpustakaan ini Jouro bertemu dengan gadis cupu berkacamata dengan nama Sanshokuin Sumireko (Pansy).

Siapa sangka ternyata Pansy merupakan wanita cantik yang tidak ingin banyak orang tahu akan kecantikannya.

Pansy ternyata sudah lama menyukai Jouro dan dari sinilah drama harem Jouro dimulai.

Informasi Ore wo Suki nano wa Omae dake ka yo

  • Judul: Ore wo Suki nano wa Omae dake ka yo
  • Judul Lainnya: Oresuki, Ore Suki
  • Tayang: Fall 2019
  • Genre: Romance, School, Comedy, Shounen, Harem
  • Studio: Connect
  • Rating: Remaja

10. Toradora!

Takasu Ryuji dijauhi oleh banyak teman sekelasnya karena matanya yang menyeramkan mirip seperti naga.

Tetapi dibalik matanya menyeramkannya ternyata Ryuji merupakan seorang anak laki-laki pecinta kebersihan yang pandai memasak.

Di sisi lain ada sang heroine Aisaka Taiga yang dikenal sebagai Telapak Tangan Macan karena Namanya juga sifatnya yang sangar.

Suatu hari di Lorong sekolah mereka bertabrakan. Jangan mengira karena peristiawa tabrakan ini mereka saling jatuh cinta yaa …

… karena sebenarnya gara-gara peristiwa ini mereka jadi bertengkar.

Awal cerita, kamu pastikan menemukan cerita yang menarik. Ryuuji yang sebenarnya menyukai gadis bernama Minori dan Taiga yang sebenarnya menyukai laki-laki bernama Yuusaku …

… setelah peristiwa perkelahian malah saling mencomblangkan agar bisa mendapatkan orang yang mereka sukai.

Di tengah-tengah pencomblangkan tersebut banyak peristiwa yang terjadi mulai dari gagal karena Taiga yang sangar ternyata sangat pemalu dihadapan orang yang disukainya hingga gosip yang menyebutkan Taiga dan Ryuji sebenarnya berpacaran.

Banyak sekali adegan komedi yang akan membuatmu tertawa terbahak-bahak.

Di samping adegan komedinya yang dominan, drama dari anime romance ini sangat terasa dan semakin lama semakin terasa unsur romantisnya.

Walaupun banyak adegan komedinya tapi anime ini bisa membuat para penonton merasa deg-degan.

Informasi Toradora!

  • Judul: Toradora!
  • Tayang: Fall 2008
  • Genre: Romance, School, Comedy, Slice of Life
  • Studio: J.C Staff
  • Rating: Remaja

11. Horimiya

Horimiya menceritakan tentang Miyamura, seorang yang selalu dibully sejak kecil. Karena hal tersebut membuat dia memanjangkan rambut dan menindik telinga juga bibirnya.

Tetapi di sekolah penampilannya benar-benar berbeda dan selalu menggunakan kacamata.

Suatu hari, ada seorang anak kecil yang ditolong oleh Miyamura dan diantarkan ke rumahnya.

Ternyata anak kecil bernama Shouta adalah adik dari Hori, teman sekelasnya Miyamura.

Semenjak saat itu Miyamura selalu mampir untuk bermain bersama Shouta dan karena itulah membuat di menjadi dekat Hori yang membuat kehidupannya berubah drastis.

Informasi Horimiya

  • Judul: Horimiya
  • Tayang: Winter 2021
  • Genre: Romance, School, Comedy, Slice of Life, Shounen
  • Studio: Cloverworks
  • Rating: Remaja
Artikel Menarik Lainnya
Total
3
Share