11 Lagu Rock Alternatif Era 2000-an Terbaik, Mari Kita Nostalgia

linkin park 11 lagu rock alternatif terbaik

Era 2000-an merupakan era bermunculannya lagu rock alternatif yang hebat. Pada dekade ini hadir band-band ternama dengan karya-karyanya yang mendunia. Lagu-lagu yang mereka ciptakan hits pada masanya, seperti Numb dari Linkin Park, Otherside dari Red Hot Chilli Peppers, dan masih banyak lagi.

Daftar Lagu Rock Alternatif Terbaik Era 2000-an

1. Supermassive Black Hole – Muse

Supermassive Black Hole adalah lagu dari band rock alternatif Inggris, Muse. Lagu rock ini diciptakan oleh Matt Belamy, vokalis sekaligus gitaris band Muse.

Lagu yang termasuk pada album Black Holes & Revelations ini sempat menduduki posisi 4 di UK Singles Chart dan US Billboard Hot Modern Rock Track di posisi 6.

Lagu yang pernah dimasukkan ke film Twilight ini dipengaruhi oleh band-band ternama seperti The Beatles, Millionaire, dan Soulwax. Lagu yang rilis pada tahun 2006 ini juga digambarkan sebagai rock alternatif, dance-rock, dan funk rock.

2. American Idiot – Green Day

Amerian Idiot adalah lagu dari band kenamaan asal Inggris, Green Day. Setelah rilis pada tahun 2004, lagu ini sempat hits bahkan pernah masuk ke jajaran tangga musik US Billboard Hot Chart 100 di urutan ke 61 di tahun 2005. Tak hanya itu, American Idiot juga pernah memuncaki US Billboard Modern Track selama 6 minggu di penghujung tahun 2004.

Lagu ini juga pernah booming di Inggris pada tahun 2018. American Idiot digunakan sebagai bentuk protes terhadap kedatangan Donald Trump ke Inggris dengan kampanye oleh orang-orang Inggris agar lagu American Idiot masuk ke puncak tangga lagu Inggris.

3. Misery Business – Paramore

Paramore merupakan band asal Amerika Serikat yang terbentuk pada tahun 2004. Grup musik ini memiliki gaya musik rock alternatif, emo, dan pop punk. Sekarang, Paramore beranggotakan 3 orang dengan Hayley Williams sebagai vokalis, Zac Farro sebagai Drummer, dan Taylor York yang masuk sebelum Josh Farro keluar sebagai gitaris.

Lagu Misery Business karya Paramore merupakan lagu yang masuk pada album studio kedua mereka, Riot!. Misery Business pernah masuk dalam jajaran Billboard Hot 100 di urutan 26 pada tahun 2008.

4. Numb – Linkin Park

Linkin Park, siapa yang tidak kenal dengan band asal Amerika Serikat ini? Terbentuk pada tahun 1996, mereka debut dengan album studio Hybrid Theory.

Grup ini terdiri dari Chester Bennington, Mike Shinoda, Dave Farrel, Joe Hahn, Brad Delson, dan Rob Bourdon sebagai pendiri. Album studio pertama mereka, Hybrid Theory merupakan salah satu album terlaris di AS dengan penjualan hingga 30 juta kopi.

Selain itu, Linkin Park juga sering memuncaki tangga lagu dengan trek-trek fenomenal. Sang vokalis, Chester Bennington meninggal bunuh diri dengan cara gantung pada 20 Juli 2017.

Sebagai single dari album Meteora, Numb adalah trek tersukes dari album Meteora dengan menempati peringkat 1 di tangga lagu US Billboard Modern Rock Tracks dan US Billboard Hot 100 dengan peringkat 11.

Lagu ini mempunyai pesan tentang seorang remaja yang tertekan untuk memenuhi harapan dari seseorang. Apapun yang dilakukannya selalu dianggap salah oleh seseorang tersebut. Oleh karena itu, remaja itu mati rasa dan tidak bisa lagi merasakan kehadiran seseorang yang membuat dirinya tertekan itu.

5. The Reason – Hoobastank

Hoobastank adalah sebuah band dari Amerika Serikat yang lahir pada tahun 1994. Hoobastank berisikan 4 anggota dengan Doug Robb, Dan Estrin, Crist Hesse, dan Marku Lappalainen.

Pada awal munculnya, band ini mengusung gaya musik ska punk/punk metal dan mempunyai pemain saksopon. Namun, beberapa lama kemudian Hoobastank mengubah gaya musik mereka dan mengeluarkan pemain saksofon. Pada album keduanya, The Reason, musik mereka lebih mengarah pada post-grunge dan rock alternatif.

lagu rock ini merupakan trek yang berasal dari album studio kedua mereka dengan judul yang sama.

Trek melodik ini, menjadi single Hoobastank terbaik dengan pencapaiannya di US Billboars Hot 100 pada peringkat 2 serta urutan 1 di tangga nada US Modern Rock Tracks. Selain itu, lagu rock alternatif ini turut masuk nominasi Song of the Year di Grammy Awards ke-47 pada 2005.

6. Mr. Brightside – The Killers

The Killers merupakan band rock/rock alternatif dari Amerika Serikat. Diisi oleh Brandon Flowers, Dave Keuning, Mark Stoemer, dan Ronni Vannucie Jr. The Killers adalah salah satu band rock terbesar pada abad 21. Dengan gaya musik yang beragam seperti: rock alternatif, pop rock, dan post-punk, mereka sukses melahirkan trek-trek yang hebat.

Mr. Brightside merupakan single pertama The Killers. Lagu rock alternatif ini sukses memasuki tangga nada US Billboard Hot 100 pada posisi 10. Selain itu, lagu rock alternatif ini juga masuk dalam lagu terbaik sedekade dengan posisi 12 dan juga lagu ini menjadi lagu yang paling lama yang rilis sebelum 2010 yang nongkrong di tangga nada UK Singles Chart Top 100 hingga 200 minggu. Pada sisi komersial, Mr. Brightside telah mencapai 3 juta lebih penjualan.

7. Bring Me to Life – Evanescence

Evanescence, grup musik rock asal Amerika ini pastinya sudah tidak asing didengar. Band yang melejit pada pertengahan 2000-an ini sudah menelurkan trek-trek keren.

Evanescence lahir pada tahun 1995 yang beranggotakan Ammy Lee, Troy McLawhorn, Jen Majura, Tim McCord, dan Will Hunt. Hingga sekarang, band ini telah merilis empat album studio dengan berbagai single yang sukses di pasaran.

Sebagai single dari album studio pertama mereka Fallen, Bring me to life adalah trek fenomenal dengan musik yang hebat serta vokal dari Ammy dan Paul McCoy yang membuat lagu ini menawan.

Lagu ini juga sukses dengan dengan tembus 10 besar di tangga nada berbagai negara. Puncaknya, lagu ini berhasil merajai tangga nada besar seperti UK Single Chart , US Billboard Alternative Song, UK Top 40 Rock Singles, dan lagu ini juga masuk dalam US Billboard Hot 100 di posisi 5.

8. Kings and Queen – Thirty Second to Mars

30 Second to Mars merupakan band asal Amerika yang dibuat oleh Leto bersaudara: Jared Leto dan Shannon Leto. Band ini terkenal dengan pertunjukan live-nya yang energik bahkan mereka mencatatkan rekor Guinner World Record dengan pertunjukan live paling banyak selama siklus satu album.

Kings and Queen adalah lagu hebat yang diciptakan oleh Jared Leto pada album This is war. Lagu rock alternatif ini memiliki gaya musik yang epik serta nyanyian Leto yang halus dan kuat membuat trek ini brilian. Lagu berdurai lima menit ini sukses melenggang di berbagai tangga nada dunia.

Kings and Queen pernah menembus US Billboard Hot 100 di posisi 82 serta pernah memuncaki US Billboard Alternative Song dan juga tangga nada Czech Republic pada kategori Rock.

9. Kryptonite — 3 Doors Down

Band legendaris asal Mississippi, Amerika Serikat ini terbentuk pada tahun 1996. 3 Doors Down terdiri dari lima anggota dengan Brad Arnold, Chris Henderson, Greg Upchurch, Chet Roberts, dan Justin Biltonen. Band rock ini sukses meluncurkan album studio hingga lima judul dan yang terakhir rilir Us and The Night pada tahun 2016.

Kryptonite, lagu rock ini merupakan single pertama mereka dari album studio The Better Life. Trek ini menjadi lagu yang pertama kali vokalis 3 Doors Down, Brad Arnold ciptakan ketika umurnya 15 tahun

Dengan gaya musik rock alternatif, post-grunge, trek ini sukses dipasaran maupun tangga nada dunia. Kryptonite telah mencapai sekitar 4 juta penjualan dan juga memuncaki tangga nada populer seperti US Billboard Alternative Rock, US Billboard Mainstream Rock, dan Canada Rock/Alternative. Selain itu, lagu ini juga berhasil masuk dalam jajaran 3 lagu terbaik pada US Billboard Hot 100.

10. Otherside — Red Hot Chili Peppers

Tak lengkap rasanya bila membahas tentang lagu rock alternatif jika tak ada Red Hot Chilli Peppers. Grup musik asal Amerika ini memang bukan nama yang tak asing di kalangan pecinta musik rock.

Band ini digawangi oleh Anthony Kiedis, Flea, Chad Smith, dan John Frusciante. Red Hot Chilli Peppers memiliki gaya musik utama rock alternatif dengan menekankan unsur-unsur seperti funk, psikedelik. Grup musik legendaris ini dengan berbagai karyanya yang hadir, mereka sukses dimasukkan dalam Rock and Roll Hall of Fame.

Dari album ke-7 mereka, dan dengan kembalinya John Frusciante, Red Hot Chilli Peppers meluncurkan album studio Californication pada tahun 1999. Pada album ini mereka merilis single ketiga mereka yang berjudul Otherside.

Lagu ini mengacu kepada mantan anggota band tersebut, Hillel Slovak yang mati akibat overdosis narkoba di tahun 1988. Lagu ini cukup sukses pada masanya bahkan hingga sekarang masih relevan. Pencapaian terbaik lagu ini adalah sukses menembus tangga nada US Billboard Hot 100 di posisi 14 serta US Billboard Alternative Song pada urutan pertama.

11. Welcome to the Black Parade – My Chemical Romance

My Chemical Romance, jika kalian pernah jadi anak emo pasti kenal dengan band ini. Grup musik ini terbentuk pada tahun 2001 dengan beranggotakan Gerard Way, Ray Toro, Mikey Way, dan Frank Lero. Band ini terbilang sukses di kancah musik rock.

Welcome to the Black Parade, trek dari album studio The Black Parade ini merupakan salah satu lagu terbaik mereka. Lagu ini sukses dipasaran dengan mendapakatkan sekitar 3 juta penjualan.

Lagu ini juga sukses menguasai berbagai tangga nada seperti US Billboard Alternative Song, UK Singles Chart Top 100.

Sekian 11 lagu rock alternatif era 2000-an terbaik yang fenomenal. Pastinya, masih banyak lagu yang harus dimasukkan dalam daftar ini. Akan tetapi lagu-lagu diatas sudah cukup buat kamu bernostalgia.

Tinggalkan Balasan

Loading…