Dalam serial anime dan manga Attack on Titan atau Shingeki no Kyojin ada banyak sekali jenis titan yang sangat ditakuti umat manusia. Mulai dari yang ukurannya 5 meter hingga sekitar 60 meter. Dalam anime ini semua titan tidak akan segan-segan memakan manusia yang dilihatnya.

Namun, dari semua titan yang sudah terungkap terdapat 9 titan terkuat keturunan Ymir atau disebut juga dengan titan Shifter. Berbeda dengan titan yang lain, ke 9 titan ini memiliki akal dan kekuatannya diturunkan secara turun temurun.

Mari kita bahas satu persatu. Disusun berdasarkan kekuatannya.

9 Titan Shifter di Serial Attack on Titan

1. Cart Titan

Dari bentuknya Cart Titan tidak terlalu tinggi dari titan lainnya karena hanya 4 meter dan berjalan menggunakan kaki dan tangannya seperti halnya seekor hewan. Akan tetapi, dibalik bentuknya yang tidak terlalu besar titan ini dapat bermanuver lebih cepat dari titan lainnya.

Karena hal tersebut lah dan juga dibarengi dengan staminanya yang kuat titan ini biasanya digunakan oleh militer marley untuk keperluan pengintaian.

Pieck Finger selaku pewaris kekuatan Cart Titan pernah sampai hampir lupa cara berjalan karena berada dalam bentuk Cart Titan selama 2 bulan selama perang marley.

Cart Titan pertama kali muncul saat menyelamatkan Reiner dan Zeke saat hampir mati dicincang Levi. Dengan mulutnya yang besar, titan ini memasukan tubuh Zeke ke dalam mulutnya lalu kabur.

Titan shifter yang satu ini memang tidak memiliki kekuatan serang yang besar tapi militer marley memanfaatkan kelincahan dan daya tahannya dengan modifikasi menambahkan senjata dipunggungnya yang dikendalikan oleh para tentara. Dengan begitu, Cart Titan lebih kuat dalam bertarung.

2. Female Titan

Yap seperti namanya Female Titan memang berwujud seperti perempuan dan pewarisnya saat ini adalah seorang perempuan bernama Annie Leonhart. Belum diketahui apakah di masa lalu Female Titan bisa diwariskan kepada keturunan Eldia yang bukan perempuan.

Terlepas dari itu, Titan ini memiliki kemampuan unik yang mana pada saat terkepung musuh atau dalam kondisi yang tidak mendukung, bisa berteriak memanggil banyak midless titan untuk memakan tubuhnya lalu pewarisnya kabur seperti yang terjadi ketika Annie Leonhart hampir kalah oleh anak buah Erwin Smith.

Titan shifter yang satu ini juga memiliki kekuatan pengerasan tubuh yang berguna sebagai armor ketika bertarung serta kelincahan tubuh karena tubuhnya yang ringan.

Female Titan sering dianggap Titan yang paling mewakili perawakan Ymir Fritz yang memiliki wujud wanita dan kemampuan berteriak.

3. Jaw Titan

Serupa dengan Cart Titan, Jaw Titan juga memiliki ukuran tuhun yang kecil dibanding Titan Shifter lainnya. Tetapi memiliki rahang yang kuat untuk mencabik-cabik musuh.

Saking kuatnya rahang Jaw Titan, Eren sampai menggunakan rahang dari Jaw Titan untuk memecahkan kristal dari pewaris War Hammer Titan. Selain rahang yang kuat, Jaw Titan juga dibekali kuku yang tajam untuk daya serangnya.

Jaw Titan juga bergerak dengan kaki juga lengannya tapi lebih lincah dari Cart Titan. Meski begitu, kekuatan staminanya lebih rendah dari Cart Titan.

Pewaris dari Titan Shifer paling lincah ini yang sudah terungkap ada Marcel Galliard, Porco Galliard, Ymir (Bukan Ymir Fritz sang ibu dari semua titan), dan Falco Grice.

4. Armored Titan

Titan Shifter selanjutnya adalah Armored Titan yang diwarisi oleh Reiner Braun.

Seperti namanya, titan ini memiliki keunggulan pada armornya yang keras seperti baja. Saking kerasnya Armored titan bisa menghancurkan wall maria hanya dengan sekali tabrakan.

Meriam yang ditembakan oleh tentara paradise pun tidak sanggup untuk menembus tubuh dari Armored Titan. Untuk menembus pertahannya aliansi timur tengah harus menggunakan meriam anti titan.

Dengan dibekali oleh armor yang keras dan berat otomatis pergerakannya tidak bisa selincah Female Titan.

5. Beast Titan

Berbeda dengan Titan Shifter lain yang bewujud seperti manuasia raksasa, Beast Titan memiliki perawakan yang lebih mirip hewan.

Dari generasi ke generasi Beast Titan menyerupai hewan yang berbeda-beda mulai dari bunglon, rusa, dinasaurus persis seperti yang ada di opening Attack on Titan season 2.

Beast Titan saat ini diwarisi oleh kakak tiri Eren yakni Zeke Yeager yang sejak kecil menjadi tentara marley. Bentuk Beast Titan yang diwarisi oleh Zeke mirip dengan seekor kera dengan lengan yang panjang dan bulu yang lebat di sekujur tubuhnya.

Karena lengannya yang panjang dan kemampuan melempar Zeke yang bagus, titan ini biasanya digunakan oleh militer marley sebagai penyerangan jarak jauh.

Zeke pernah membunuh komandan Erwin Smith beserta banyak pasukan pengintai dengan batu yang dia lemparkan. Selain itu, Zeke juga pernah melempari kapal militer milik aliansi timur tengah.

Selain dari yang disebutnya sebelumnya, Beast Titan juga memiliki kemampuan untuk bicara dengan wujud Titan juga merubah manusia menjadi mindless titan dengan mengkontaminasi tubuh manusia dengan cairan tulang belakangnya seperti yang dia lakukan pada penduduk desa Ragako dan tentara marley pada saat perang melawan aliansi timur tengah.

6. War Hammer Titan

War Hammer Titan merupakan satu-satunya Titan Shifter tampil sangat sebentar karena sang pewaris malah mati dimakan Eren sebelum tahu siapa dia dan bagaimana latar belakang kehidupannya.

Terlepas dari hal tersebut, War Hammer Titan sebenarnya memiliki kekuatan yang sangat kuat karena bisa mengeraskan tubuhnya dan merubah menjadi apapun yang dia inginkan termasuk duri yang muncul dari tanah ataupun palu keras yang digunakan untuk bertarung. Tapi jika kekuatan ini terus digunakan akan menguras energi penggunanya.

Sama seperti Beast Titan, War Hammer Titan juga bisa berbicara layaknya manusia pada bentuk Titan. Bentuk fisiknya cukup unik karena tidak memiliki bulu sama sekali dan mukanya seperti dilapisi sesuatu yang menyerupai mummy.

Keunikan lainnya dari titan ini, saat pada wujud titan walaupun tengkuknya hancur tapi tidak akan mati karena tubuh pewarisnya berada jauh dari tubuh utama titan yang dihubungkan menggunakan daging titan yang panjang seperti kabel.

7. Attack Titan

Sama seperti namanya, Attack Titan merupakan titan shifter yang suka menyerang. Dari semua pewaris yang terungkap semuanya memiliki kecenderungan menginginkan kebabasan.

Sebelum diwarisi sang karakter utama Eren Yeager, Attack Titan diwarisi oleh seorang mata-mata Eldia yang menjadi perwira marley lalu oleh Grisha Yeager ayah dari Eren Yeager.

Bentuk fisiknya tidak terlalu jauh pada titan pada umumnya, hanya saja titan shifter ini memiliki telinga yang runcing.

Kemampuan khusus dari Attack Titan adalah ingatannya yang terhubung dengan pewaris lainnya. Memang semua pewaris shifter titan jenis apapun bisa mengetahui ingatan dari pewaris lainnya tapi hanya pewaris Attack Titan yang dapat melihat ingatan pewarisnya di masa depan.

8. Colossal Titan (Colossus Titan)

Nama asli dari titan terbesar ini adalah Colossul Titan, tapi para fans lebih sering memanggilnya Colossal Titan karena nama tersebut selalu dipakai sebelum nama aslinya diungkap sang mangaka Hajime Isayama.

Colossal Titan memiiki tubuh paling tinggi dan besar diantar semua titan shifter. Tingginya bisa mencapai 60 meter yang bahkan lebih tinggi dari dinding yang ada di paradise. Walaupun sangat besar dan tinggi tetapi pergerakannya sangat lambat dan gampang diprediksi oleh musuh.

Kekuatan khusus dari titan ini adalah bisa membuat ledakan dari uap tubuhnya yang sangat panas dan dapat menghancurkan sesuatu dengan sangat mudah.

Pewaris dari Colossal Titan yang sudah terungkap adalah Bertolt Hoover yang menghancurkan wall maria dan Armin Arlert yang kemudian memakan Bertolt dan menjadi pewaris selanjutnya hingga saat ini.

9. Founding Titan

Titan Shifter terakhir dan juga yang paling kuat adalah Founding Titan.

Memang titan ini tidak memiliki kelebihan yang bisa dilihat dari fisiknya. Akan tetapi, jika digunakan oleh orang yang memiliki keturunan kerajaan Fritz atau pewarisnya bersentuhan dengan seorang dari kerajaan Fritz Founding Titan bisa menyuruh semua titan yang ada untuk menyerang.

Kekuatan Founding Titan disebut juga dengan Rumbling. Karena begitu dahsyatnya kekuatan Titan ini Eren berencana meratakan seluruh dunia agar tidak ada yang mengusik lagi pulau paradise.

Awalnya Founding Titan diwariskan secara turun temurun di keluarga kerajaan Reiss yang ada di paradise. Namun, Grisha Yeager merebutnya pada saat Reiner dan kawan-kawannya menyerang paradise.

Grisha awalnya berniat pulang ke Liberio untuk melakukan kudeta terhadap marley tapi sesuatu terjadi dan Grisha lebih memilih untuk mewariskan kekuatannya kepada anaknya Eren Yeager sang karakter utama pada serial ini.


Menurutmu Titan mana yang paling kuat?