Bleach merupakan anime yang menceritakan pertempuran antara shinigami melawan hollow dan tokoh utamanya adalah Kurosaki Ichigo, dengan mengambil tema samurai keahlian para Shinigami ini adalah menggunakan katana yang mereka sebut Zanpakuto.

Salah saty hal yang menarik dari anime ini adalah karakter karakternya yang sangat kuat, tidak hanya terfokus kepada tokoh utama saja namun mengembangan dari karakter yang lain juga diperhatikan dengan apik sehingga membuat anime ini sangat menarik.

Diantara sekian banyaknya karakter kuat di anime Bleach kali ini kami hanya akan membahas 6 karakter terkuat saja yang pernah menjadi kapten di Gotei 13. 

Daftar Kapten Divisi Terkuat Gotei 13

6. Kuchiki Byakuya

Bleach: 6 Kapten Divisi Terkuat Gotei 13

Kuchiki Byakuya adalah seorang kapten dari Gotei 13, dia juga merupakan pemimpin dari klan Kuchiki generasi saat ini. Klan Kuchiki sendiri merupakan salah satu bangsawan yang ada di Seireitei.

Kekuatan Kuchiki Byakuya sudah tidak diragukan lagi merupakan salah satu yang terkuat diantara kapten lainnya, dengan Zanpakuto bernama Senbonzakura yang dapat membelah menjadi seribu pedang seperti daun sakura yang indah, memang sangat cocok untuk menjadi Zanpakuto seorang bangsawan.

Saat Senbonzakura dilepaskan dia akan menyebar menjadi daun daun yang sangat tajam, bahkan bisa dengan sekejap membuat lawan tumbang dengan satu kali serangan. 

Selain kuat Senbonzakura juga sangat cepat apalagi saat dikendalikan menggunakan tangan kecepatannya menjadi berkali lipat.

Zanpakuto ini sudah berada pada tingkat Bankai, yang merupakan salah satu syarat seseorang untuk menjadi kapten.

Senbonzakura Kageyoshi adalah nama bankai milik Kuchiki Byakuya, kekuatan sejatinya adalah menjelma menjadi seribu pedang yang membuat suatu domain seperti sangkar burung dimana ia dengan leluasa bisa mengendalikan kekuatan nya.

5. Shunsui Kyoraku 

Bleach: 6 Kapten Divisi Terkuat Gotei 13

Kyoraku adalah salah satu Komandan Tertinggi di Gotei 13 dia merupakan kapten pertama di dalam sistem Gotei. dia memimpin divisi 8 sebelum akhirnya menjadi komandan setelah Yamamoto Genryusai gugur.

Kyoraku merupakan sosok yang kalem, dan dapat dilihat dari karakteristiknya dia tidak menyukai pertempuran alias cinta damai. 

Kyoraku selalu mengenakan kimono dan topi jerami, itu sudah menjadi ciri khas dari seorang Shunsui Kyoraku.

Dalam segi pengalaman bertarung, kekuatan dan kecerdasan Kyoraku bisa dikatakan seimbang. karena dia merupakan sosok yang cerdas di dalam pertarungan sehingga mudah baginya untuk mempermainkan lawan lawannya. Dengan menggunakan Zanpakuto kembar bernama Katen Kyokotsu menambah kesan mewah dan elegan dari seorang Shunsui, kekuatan nya ini sangat unik dimana kecerdasan dan kekuatan harus digunakan bersamaan. 

Namun kekuatan Katen Kyokotsu bisa menjadi sangat mengerikan bisa juga menjadi senjata makan tuan seperti pisau bermata dua, karena kekuatan Zanpakuto ini tidak pandang bulu. Dimana setiap lawan atau kawan yang berada dalam area domain nya harus mengikuti aturan pertarungan. Dengan sikap yang mampu masuk ke dalam bayangan menjadikan Kyoraku seperti seorang hantu yang bisa menikam musuh kapan saja dan itu sangat mengerikan. 

Zanpakuto Kyoraku tentu saja sudah mencapai bankai, dan bankai ini lebih mengerikan lagi karena permainan kematian ini mencakup area yang sangat luas dimana siapapun akan terkena imbas nya. Bankai ini bernama Katen Kyokotsu : Karamatsu Shinjuu. 

4. Retsu Unohana

Bleach: 6 Kapten Divisi Terkuat Gotei 13

Retsu Unohana adalah kapten divisi 4, yang merupakan divisi medis. 

Dengan kemampuan penyembuh yang sangat tinggi dia mampu menjadi pemimpin medis yang sangat mumpuni, dengan pengamatan dan ketenangan nya menjadi salah satu hal terpenting dalam sebuah pertempuran. 

Namun bukan itu saja yang membuat Unohana menjadi yang terkuat tapi, kekuatan yang tersembunyi didalam diri Unohana. Dimana dia sebelumnya menjadi Kapten Divisi 11 dan menjadi Kenpachi atau Shinigami terkuat pertama sebelum Zaraki. 

Gelar kenpachi sendiri diberikan kepada orang yang mempunyai hasrat bertarung yang sangat gila, dan tentunya sangat hebat. 

Padahal kekuatan Unohana adalah penyembuhan namun mengapa ia diberi gelar kenpachi ? jawaban nya terletak pada Bankai Unohana yang bernama Minazuki. 

Bankai ini seketika membuat Unohana seketika menjadi mengerikan, dengan zat asam yang melumuri Zanpakuto nya, dia bisa melelehkan apapun. 

Bahkan Zaraki sampai kehilangan setengah wajah dan lengan, namun itu semua di imbangi dengan kekuatan penyembuhan yang gila. yang mampu menyembuhkan luka dengan sekejap. 

Namun kelemahan dari Bankai ini adalah berdampak untuk pengguna nya sendiri, dan sangat berbahaya dan bankai ini diperlihatkan untuk yang pertama dan terakhir di anime bleach karena setelah menggunakan nya Unohana meninggal akibat Bankai nya sendiri.

Saat itu dia menggunakan Bankainya saat melatih Zaraki agar menjadi lebih kuat lagi.

3. Kenpachi Zaraki

Bleach: 6 Kapten Divisi Terkuat Gotei 13

Zaraki Kenpachi, jika berbicara tentang orang ini yang terlintas di benak para penggemar Bleach adalah kekuatan fisik nya yang sangat gila.

Dengan kekuatan nya saat ini bisa dikatakan dia adalah yang terkuat dalam hal kekuatan fisik.

Zaraki Kenpachi sendiri adalah kapten dari divisi 11, dimana divisi itu merupakan divisi garis depan yang mengutamakan pertarungan.

Kenpachi Zaraki menjadi kapten dengan membunuh kapten sebelumnya, karena ada beberapa syarat untuk bisa menjadi kapten selain harus menguasai bankai bisa juga menantang kapten sebelumnya dan disaksikan oleh setiap divisi. 

Saat pertama kali menjadi Kapten Gotei 13 Zaraki Kenpachi adalah satu satunya kapten yang tidak menguasai bankai, bahkan dia tidak tau nama zanpakutonya sendiri namun bahkan sebelum dia menguasai bankai, kekuatannya nyaris lebih unggul daripada kapten-kapten yang lain. Bahkan dia bisa mengalahkan Kapten Tousen dalam Bankai miliknya sendiri.

Maka dapat dibayangkan bagaimana mengerikannya Kenpachi saat menguasai Bankai. Saat itu kekuatan Kenpachi dibangkitkan dengan mengorbankan Unohana karena dia bertarung sampai mati demi membangkitan kekuatan kenpachi dan nama shikai dari Zanpakuto Kenpachi adalah Nozarashi sedangkan Bankai-nya belum diketahui.

2. Urahara kisuke 

Bleach: 6 Kapten Divisi Terkuat Gotei 13

Urahara kisuke adalah seorang jenius yang pernah ada dalam anime bleach, dia pernah menjabat sebagai kapten divisi 4 yang merupakan satuan kido dan membuat divisi baru yang berfokus pada satuan penelitian yang menjadi Divisi 12 dan Urahara sebagai kapten nya. 

Namun setelah kejadian hollowfikasi Urahara difitnah oleh Aizen Sousuke sebagai dalang dari eksperimen tersebut, dan menciptakan Hogyoku yang sangat berbahaya. akhirnya Urahara diasingkan dari Soul Society ke dunia manusia untuk selamanya. 

Urahara kisuke adalah sosok yang tangguh dengan pemikiran yang di luar nalar, seperti semua nya sudah diketahui dan berada di dalam rencana nya urahara selalu memprediksikan bahkan 100 langkah kedepan untuk mengantisipasi sebuah rencana.

Ia memiliki Zanpakuto berkemampuan Kido bernama Benihime dan dalam bentuk Bankai bernama Benihime Atarame, kemampuan Bankai yang mampu merekonstruksi apapun yang berada dalam jangkauan kemampuannya menjadikan Bankai ini menakutkan.

1. Aizen Sousuke

Bleach: 6 Kapten Divisi Terkuat Gotei 13

Aizen adalah tokoh antagonis dalam anime Bleach, dia adalah dalang di balik semua kejadian buruk yang telah menimpa Seireitei dengan eksperimen eksperimennya.

Dia pernah menjabat sebagai Kapten Divisi 5 Gotei 13, namun jauh sebelum dia menjadi kapten, Aizen sudah memiliki ambisi yang kuat. 

Menjadi kapten hanya sebagai batu loncatan untuk tujuan nya, dan tujuan utama Aizen adalah menjadi makhluk yang paling kuat yang pernah ada dengan kata lain dia ingin menjadi dewa dengan cara apapun.

Dia memiliki zanpakuto bernama Kyoka Suigetsu dan kekuatan Zanpakuto nya adalah hipnotis yang sempurna yang memungkin kan dia membuat sebuah ilusi atau genjutsu tanpa celah.

Saat aizen berevolusi menjadi arrancar dan menyatu dengan hogyoku kekuatan nya menjadi tidak masuk akal lagi dengan reiatsu yang sangat besar sehingga mustahil untuk dikalahkan.