Kendala yang sering dijumpai dalam bermain game adalah laptop atau PC yang dimiliki spesifikasi yang bisa dibilang kentang. Hal inilah yang seringkali menjadi problem tersendiri bagi banyak pecinta game.

Tapi, tenang saja. Kami akan menyarankan game PC yang ringan untuk kesehatan dari PC ataupun laptop kamu ! dan tentunya, selain ringan, game berikut ini merupakan game yang seru untuk dimainkan.

7 Rekomendasi Game PC Ringan Terbaik (Update 2021)

1. Night in The Wood

Dikembangkan oleh Infinity Fall, game Night in the Woods  menawarkan tampilan visual novel. Selain dalam segi visual, game ini juga serupa seperti novel.

Apa maksudnya?

Dikatakan seperti novel karena setiap tindakan dan jawaban anda selama memainkan game ini pasti berpengaruh besar pada jalan cerita. Hal ini sudah pasti merupakan konsep game yang sangat berbeda dari game lainnya.

Untuk memainkan game ini, kamu tidak memerlukan PC dengan spesifikasi yang tinggi. Cukup dengan prosesor Intel Dual-Core, RAM 4 GB dan VGA Intel HD 4000.

2. Into The Breach

Into The Breach merupakan game PC ringan dengan genre turn-based strategy. Hal ini berarti setiap Langkah yang kamu ambil sangat berpengaruh pada hasil pada akhir permainan.

Meskipun tampilannya yang sederhana dan mengambil konsep visual 2D, game Into The Breach merupakan game yang layak dicoba.

Jika kamu penasaran dengan rasanya bermain game Into The Breach, kamu tidak perlu memiliki spesifikasi PC yang tinggi.

Kamu hanya perlu prosesor Intel HD 3000, kecepatan prosesor 1.7 GHz, dan RAM sebesar 1 GB, Into the Breach sudah bisa kamu mainkan dengan lancer.

3. Minecraft

Rekomendasi game PC ringan selanjutnya ada game Minecraft. Siapa yang tidak mengenal game yang satu ini, game ini merupakan game terkenal yang banyak dimainkan oleh beberapa player dari seluruh dunia.

Dengan tampilan yang unik inilah Minecraft dapat meraih kesuksesan sampai memiliki komunitas pemain yang loyal dari seluruh dunia dan dari berbagai kalangan, dari anak-anak, remaja sampai dewasa.

Game Minecraft adalah game yang mengadaptasi genre open world sandbox. Ini berarti kamu bebas melakukan apa saja dalam game ini tanpa ada jalan cerita yang menuntunmu.

Dalam game Minecraft ini kamu dapat membuat rumah, Menara, senjata, menggali ruang bawah tanah, menambang, beternak, berkuda, menebang dan membakar.

Untuk memainkan game ini pun kamu membutuhkan laptop maupun pc yang mempunyai spesifikasi minimal Intel Core i3 dengan RAM 8 GB.

4. Terraria

Game PC ringan selanjutnya adalah game yang bernama Terraria. Game Terraria merupakan game Sand Box yang dikembangkan oleh Re – Logic.

Mengusung tema 2D, game Teraria merupakan game dengan ukuran yang terbilang ringan. Meskipun begitu, game Teraria bukanlah game anak-anak.

Game Teraria adalah game yang bergenre sandbox, yang berarti bahwa game ini mengijinkan player untuk bermain sebebas-bebasnya dan menuntut kreatifitas.

Di game Teraria, kamu bisa membuat banyak hal seperti rumah sampai senjata. Tentu saja, kamu bisa memainkan ini tanpa ada aturan-aturan khusus.

Karena game ini memiliki visualisasi 2D, game ini mempunyai ukuran yang sangat ringan. Ukuran game ini hanya sebesar 128 MB saja.

Untuk memainkan game ini kamu hanya memerlukan PC ataupun Laptop yang memiliki RAM minimal 2 GB saja.

5. Grand Theft Auto: San Andreas

Selanjutnya ada game yang pernah populer pada masanya, yaitu GTA: San Andreas. Game ini pertama kali muncul untuk game Play Station 2. Tapi sekarang game ini bisa dimainkan menggunakan PC.

Walaupun ini bisa dibilang game yang cukup lama, tetapi masih banyak juga yang memainkan game ini.

Hal yang menarik dari game ini adalah kemampuan player untuk melakukan banyak hal seperti mengunjungi toko, mengambil mobil, berenang, mengendarai sepeda dan sebagainya yang sangat jarang hadir pada game lainnya.

Meskipun begitu, untuk memainkan game Grand Theft Auto San Andreas ini tidak perlu memiliki PC dengan spesifikasi tinggi.

Jika kamu ingin bernostalgia memainkan game ini, kamu tetap bisa memainkannya walaupun dengan PC ataupun Laptop kentang.

Dari ukurannya kamu bisa menebak bahwa untuk memainkan game ini, kamu tidak membutuhkan PC yang berspesifikasi tinggi.

Cukup dengan PC dengan prosesor Pentium III sudah cukup untuk memainkan game GTA ini. Apalagi sekarang, PC milikmu pasti mampu menjalankannya dengan baik.

6. Limbo

Siapa yang tidak kenal dengan game yang satu ini? Limbo merupakan game yang memiliki nuansa sedikit menegangkan. Hal ini ditambah tampilan hitam putih yang ada pada game ini.

Meskipun begitu, Limbo bukanlah game horror.

Game ini termasuk dalam game puzzle yang menuntut player untuk berpikir keras agar bisa melewati banyak rintangan yang ada.

Ada pula kelincahan juga dibutuhkan untuk menghindari ancaman yang bergerak cukup cepat.

Game ini sukses mendapatkan penghargaan, salah satunya adalah The Best Indie Game.

Jalan ceritanya pun tidak terlalu rumit. Kamu sebagai player akan menjalankan peran sebagai anak kecil yang mengelilingi dunia dan harus menghindari semua rintangan dan menyelesaikan teka-teki agar dapat meneruskan perjalanan.

Bagi kamu yang ingin memainkan game ini, kamu tidak perlu spesifikasi PC yang besar.

Hanya dengan PC berprosesor Intel dan RAM sebesar 1GB Sudah cukup untuk membuatmu merasakann keseruan dalam game Limbo ini.

7. Celeste

Barangkali kamu masih asing dengan nama game ini. Ya, Caleste termasuk game yang masih baru dan hanya sedikit orang yang memainkannya.

Meskipun begitu, alur bermain dari game Caleste ini tidak bisa diremehkan.

Caleste ini merupakan game dengan genre platformer yang menuntut kamu sebagai player untuk menghindari blok-blok yang menghalangi petualangmu.

Desain tampilannya yang masih 2D dan sederhana membuat game ini masuk dalam daftar game PC ringan yang layak kamu mainkan.

Agar dapat memainkan game Caleste, kamu cukup memiliki netbook dengan spesifikasi rendah, asalkan masih ada sisa ruang penyimpanan sebesar  1,2 GB di Hardisk, memiliki RAM 2 GB serta dapat berjalan dengan baik pada system operasi Windows 7 atau di atasnya.


Nah, itulah beberapa rekomendasi game yang ringan untuk PC maupun Laptop.

Walaupun bisa dibilang banyak game yang lawas, tapi tetap saja game yang ada pada daftar ini tidak kalah asyik dengan game yang baru dirilis akhir-akhir ini untuk dimainkan.

Memang beberapa kendala dari game tersebut hanya ada pada grafik. Tetapi untuk story – nya tidak kalah bagus juga loh!