Siapa yang nggak kenal sama girlband besutan YG Entertainment ini? Sebagai salah satu girlband yang populer, Blackpink telah mengumpulkan banyak penggemar dari berbagai belahan dunia. 

Mulai dari penggemar domestik sampai internasional telah membuat nama Blackpink menjadi sebesar sekarang. Kepopuleran Blackpink saat ini tentunya nggak didapatkan secara instan.

Nah, kalau kamu penasaran dengan fakta unik Blackpink yang lainnya, yuk simak ulasannya di bawah ini. 

7 Fakta Unik Blackpink yang Wajib Kamu Tahu

1. Profil Para Anggota

BLACKPINK 2

Tahap pertama yang wajib kamu lakukan untuk menjadi penggemar Blackpink adalah mengenal nama masing-masing anggotanya. Fakta unik Blackpink yang satu ini nantinya bakal memudahkan kamu saat menikmati berbagai konten yang ditawarkan Blackpink. 

Girlband yang debut pada tahun 2016 silam ini terdiri dari 4 anggota bernama Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa. Masing-masing anggotanya berasal dari negara dan latar belakang budaya yang berbeda. 

Jisoo sebagai anggota tertua yang lahir di tahun 1995 adalah warga negara berkebangsaan Korea Selatan. Jennie yang lahir di tahun 1996 merupakan warga negara Korea Selatan yang besar di Selandia Baru. 

Rose yang lahir pada tahun 1997 lahir di Selandia Baru dan besar di Australia. Sedangkan Lisa yang juga lahir di tahun 1997 merupakan warga negara Thailand. 

Keempat anggota Blackpink punya talenta dan bakatnya masing-masing. Oleh sebab itu, mereka ditugaskan dalam posisi yang berbeda. Jisoo yang berwajah cantik ada di posisi visual grup, Jennie yang jago ngerap bertugas sebagai rapper utama, Rose yang punya suara unik dan indah mengemban posisi vokalis utama, dan Lisa yang lihai menari bertugas sebagai penari utama. 

2. Satu-satunya Girlband Aktif di YG Entertainment

BLACKPINK 1

Fakta berikut ini nggak kalah menarik dari fakta unik Blackpink lainnya. Sebagai girlband yang berasal dari agensi besar, Blackpink bersaing dengan girlband-girlband dari agensi lainnya. 

Tapi, tahukah kamu kalau Blackpink merupakan satu-satunya girlband yang masih aktif di bawah naungan agensi YG Entertainment? Hingga saat ini, Blackpink belum mempunyai generasi penerus dari agensi yang sama. 

Meski sebelumnya YG Entertainment pernah mendebutkan girlband sepopuler 2NE1, namun karir girlband yang mengusung konsep hip hop dan swag itu harus terhenti karena nggak meneruskan kontrak dengan agensi. Oleh sebab itu, Blackpink masih menjadi satu-satunya girlband yang aktif di YG Entertainment. 

3. Makna Nama Blackpink

BLACKPINK Logo

Nggak banyak orang awam yang tahu sama fakta unik Blackpink yang satu ini. Blackpink yang sudah berkarir selama sekitar 5 tahun ini punya arti nama yang filosofis. 

Tapi, sebelum resmi debut dengan nama Blackpink, agensi sempat mempertimbangkan untuk memberi nama Pink Punk. Untungnya, nama itu urung dipakai dan mereka debut dengan nama Blackpink. 

Blackpink sendiri terdiri dari dua nama, yaitu Black dan Pink. Masing-masing nama punya makna yang berbeda. Nama Black melambangkan sisi grup yang kuat dan berkharisma, sedangkan nama Pink melambangkan sisi grup yang anggun dan feminin. 

Kalau digabungkan, nama Blackpink punya arti sebagai girlband dengan dua sisi yang berbeda, yaitu kuat tapi tetap anggun. 

4. Penghargaan yang Diraih

BLACKPINK Artist of The Year

Selama 5 tahun berkarir, Blackpink sudah meraih berbagai macam penghargaan yang didapat dari kancah domestik maupun internasional. Inilah fakta unik Blackpink selanjutnya. 

Di awal debutnya, Blackpink berhasil menarik atensi publik Korea dengan lagu debut mereka yang easy listening seperti lagu Boombayah. Lewat lagu ini, Blackpink berhasil membawa pulang penghargaan bergengsi seperti Best Rookie Of The Year di berbagai ajang penghargaan di Korea Selatan. 

Bukan cuma itu, Blackpink juga berulang kali memenangkan penghargaan Best Female Group Dance, Top 10 Popular Awards, dan penghargaan dari mancanegara. 

5. Lagu-lagu yang Populer

BLACKPINK The Album

Salah satu fakta unik Blackpink berikutnya adalah tentang lagu-lagunya. Beberapa orang awam yang non penggemar memutuskan menjadi seorang penggemar Blackpink setelah mendengarkan lagu-lagunya. Nggak cuma wajah cantik saja, tapi lagu-lagu Blackpink juga menarik dan enak buat didengarkan. 

Beberapa rekomendasi lagu Blackpink yang wajib kamu dengarkan adalah Ddu-du-ddu, Kill This Love, Whistle, Boombayah, How You Like That, hingga Lovesick Girls

Nggak heran kalau kamu dibuat jatih cinta setelah mendengarkan lagu-lagu tersebut. Soalnya, lagu-lagu Blackpink terdiri dari genre yang beragam dan sangat mewakili identitas Blackpink sebagai girlband berkonsep swag dan hip hop. 

6. Sering Memecahkan Rekor Youtube

BLACKPINK Youtube

Kalau fakta unik Blackpink yang satu ini nggak boleh ketinggalan untuk disebut. Salah satu prestasi paling membanggakan selama karir Blackpink adalah berulang kali memecahkan rekor youtube. 

Nggak heran kalau Blackpink sering disebut sebagai bintang youtube setelah memecahkan berbagai rekor. 

Setiap kali melakukan comeback lagu baru, Blackpink selalu meraih jumlah viewers video musik yang fantastis. Mulai dari video musik lagu debut mereka sampai lagu musik video solo para anggotanya pasti mencapai jumlah viewers jutaan sampai puluhan juta dalam waktu 24 jam saja. 

Selain itu, Blackpink juga meraih jumlah subscribers youtube yang mencengangkan. Hingga saat ini, sudah lebih dari 50 juta pengguna yang mensubscribe youtube Blackpink. 

7. Nama Penggemar

BLACK PINK 2019 World Tour In Your Area In Singaporejpg

Last but not least, fakta unik Blackpink selanjutnya yang wajib kamu tahu kalau ingin menjadi penggemar adalah tahu nama resmi klub penggemar Blackpink. Penasaran? Blackpink punya basis penggemar yang cukup besar. 

Para penggemar ini disebut sebagai Blink. Nama ini diambil dari huruf depan dan huruf akhir Blackpink. Dengan harapan, penggemar akan menjadi orang pertama dan terakhir yang akan selalu bersama dengan Blackpink.