Monkey D Garp adalah Marinir yang dijuluki sebagai sang Pahlawan Angkatan Laut, dia juga merupakan kakek dari Monkey D Luffy sekaligus ayah dari Ketua Pasukan Revolusi Monkey D Dragon.

Karirnya di angkatan laut sangat cemerlang sehingga pangkatnya di angkatan laut cukup tinggi yaitu sebagai Vice Admiral, dengan kontribusi dan kekuatan yang ia miliki seharus nya dia mampu menjadi seorang Plat Admiral. 

Namun ada beberapa alasan kenapa Garp tidak ingin menjadi Plat Admiral, disini kita akan mengungkap beberapa fakta mengenai Monkey D Garp.

1. Alasan Garp Tidak Menjadi Plat Admiral 

Alasan mengapa Garp tidak menjadi plat admiral adalah, seorang plat admiral otomatis akan menjadi orang pertama yang ditunjuk dan mendapatkan perintah apabila Tenryuubito berada dalam masalah dan perintah Tenryubitho itu adalah mutlak dengan kata lain dengan menjadi Plat admiral mempunyai tanggung jawab untuk melindungi Tenryubitho lebih tinggi dari pada vice admiral,karena Tenryubitho merupakan klan pertama yang membentuk dunia 

Sedangkan Garp walaupun dia seorang angkatan laut, namun di juga merupakan seorang yang menyandang nama “ D “ yang menjadi musuh alami dari Tenryuubito. 

2. Seorang Pahlawan Angkatan Laut 

Sang Pahlawan Angkatan Laut, Inilah Fakta Menarik Monkey D Garp

Mengapa Garp disebut sebagai pahlawan angkatan laut? Gelarnya ini ia dapatkan ketika ia mengalahkan Bajak Laut Rock. Dimana kala itu menjadi bajak laut terkuat yang ada pada masanya yang beranggotakan Rock D Zebeck, Kaido, Charlotte Linlin (Big Mom), dan Shirohige.

Bajak Laut Rock sangat kuat, bagaimana tidak anggotanya saja merupakan yonko-yonko di masa sekarang sehingga menjadi prestasi yang sangat hebat sudah bisa mengalahkannya sehingga Garp dijuluki pahlawan angkatan laut. Namun Garp sedikit malu dengan gelarnya, karena faktanya saat melawan bajak laut Rock dia bekerja sama dengan Gold D Roger yang kebetulan sedang berada di medan perang.

Dengan bantuan Roger, Garp mampu menangani bajak laut Rock 

3. Hubungan Garp Dengan Raja Bajak Laut Gold D Roger

Sang Pahlawan Angkatan Laut, Inilah Fakta Menarik Monkey D Garp

Dibalik rivalitas diantara mereka tidak diragukan lagi mereka sama sama mempunyai rasa hormat satu sama lain, karena mengakui kegigihan dan kekuatan mereka.

Dengan sama-sama menyandang nama D mungkin hanya Garp yang bisa di percaya oleh Gold D Roger. 

Moment ketika Gold D Roger akan di eksekusi oleh angkatan laut, Garp datang terakhir kalinya untuk menengok rival nya dan menyaksikan akhir perjalanan dari raja bajak laut. 

Gold D Roger dengan mengejutkan memberi tahu rahasia nya kepada Garp bahwa dia mempunyai istri dan seorang anak yang masih berada dalam kandungan, Roger tidak ingin anak yang bahkan tidak berdosa langsung menanggung beban ayah nya. Maka dari itu dia percaya bahwa Garp bisa melindungi mereka dan itu adalah keinginan terakhir dari Gold D roger pada Garp. 

Garp yang ragu ragu untuk memenuhi keinginan terakhir Roger akhirnya memutuskan untuk melindungi mereka, istri Roger adalah Portgas D Rouge yang saat itu sedang mengandung Ace di dalam rahim nya berhasil disembunyikan Garp.

Namun Portgas Rogue tidak bisa bertahan hidup lebih lama setelah melahirkan karena Portgas D Rogue melakukan metode khusus untuk menyembunyikan Ace dalam kandungan nya sehingga saat itu Rogue tidak terlihat hamil namun itu semua mengorbankan nyawanya dan setelah itu menyerahkannya pada Garp dan memberinya nama Portgas D Ace. 

Akhirnya Ace diadopsi oleh Garp dan dirawat oleh Dadan si bandit gunung.

4. Mempunyai kekuatan yang luar biasa

Sang Pahlawan Angkatan Laut, Inilah Fakta Menarik Monkey D Garp

Garp kini sudah semakin tua namun tidak dengan kekuatan nya, dia masih menyimpan kekuatan yang sangat besar. 

Di perang besar marineford kita sedikit di perlihatkan kekuatan Garp yang dengan mudah bisa menjatuhkan Marco the Phoenix dengan satu pukulan, dan saat Ace dieksekusi oleh Akainu ,Garp yang murka hampir akan membunuhnya jika tidak dihentikan oleh Sengoku. 

Tapi pertanyaannya apakah Garp mampu membunuh Akainu? Mari kita bahas. 

Akainu adalah Plat admiral saat ini, dan saat ace dieksekusi Akainu masih seorang Admiral. Saat masih menjadi Admiral Akainu mampu melawan Shirohige dan itu pun dalam keadaan tidak seimbang, menurut saya jika harus dihadapkan 1 vs 1 Akainu mempunyai kesempatan 50:50 menang melawan Shirohige karena Shirohige bukan lagi dia yang dulu. Tapi jika kondisi ini berada di antara Garp vs Akainu kemungkinan Akainu menang adalah 35% saja, mengapa demikian ? karena perbedaan haki yang mereka miliki. 

Bisa kita lihat akainu adalah seorang pengguna Buah iblis tipe Logia, sedangkan Garp non buah iblis namun Busoshoku haki yang ia milik amat sangat di level yang berbeda mungkin bisa setara dengan Gold D Roger dan buah iblis tipe apapun dapat ditembus pertahananya. Walaupun pendapat ini masih kurang jika hanya membandingkan kekuatan, namun bisa kita lihat bagaimana Sengoku bertindak. Jelas Sengoku lebih tau mengenai Garp karena dia partnernya sejak lama dan dia mengerti bagaimana kacau nya jika Garp nekat menghadang Akainu dan identitas nya sebagai pahlawan angkatan laut sudah punya cukup alasan bahwa Garp mampu mengalahkan Akainu. 

Dan dikatakan garp menghancurkan 8 gunung untuk berlatih menghadapi Don Chinjao yang mempunya kepala sekeras tombak yang bisa membelah gunung es, Don Chinjao adalah legenda hidup di masa Luffy yang kehormatan nya hilang karena sudah dikalahkan oleh Monkey D Garp di masa lalu.

5. Garp dan Sengoku

Sang Pahlawan Angkatan Laut, Inilah Fakta Menarik Monkey D Garp

Mereka berdua merupakan kekuatan tempur utama dari Marinir pada masa Raja bajak laut, karena dua orang ini yang mampu bentrok dan mengimbangi bajak laut kuat pada masa itu. 

Roger saja mengakui Garp sebagai rival nya di angkatan laut itu membuktikan mereka sering melakukan pertempuran, dan pada satu momen ketika Bajak Laut Roger berhadapan dengan angkatan laut dan semua nya tidak berdaya di bawah tangan Raja Bajak Laut. 

Dia berkata bahwa setidaknya bawa Garp dan Sengoku jika ingin menangkap mereka.

Dan kita semua belum di perlihatkan bagaimana Garp bertarung dengan serius di usia tua, saat menghadapi musuh-musuhnya dia terlihat belum mengeluarkan bahkan 50% dari kekuatan yang ia miliki.

Masih banyak misteri yang belum terungkap dari karakter yang satu ini, dan mungkin saja kedepan nya Oda sensei akan memberikan fakta fakta menarik mengenai Garp atau ada suatu kejutan yang diberikan Oda, kita nantikan saja.