Emblem merupakan hal terpenting di dalam permainan Mobile Legend. Dimana set Emblem ini mampu memberi tambahan atribut hero yang sedang kalian mainkan.

Pada Mobile Legends sendiri terdapat sembilan set Emblem, dua diantaranya sudah biasa terbuka di awal tutorial yakni Phisycal dan Magical, dan juga tujuh lainya dapat dibuka setelah mencapai level 10.

Kalian akan diberikan kesempatan membuka 4 set Emblem secara gratis disaat level akun masih rendah. Untuk membuka set emblem yang lain kalian memerlukan 200 Magic Dust atau menggunakan diamond sebanyak 200 diamond.

Emblem sendiri terdapat halaman talent (talent dasar) ketika kalian sudah dapat mengupgrade, kalian bisa membuka halaman talent tersebut, halaman talent itu sendiri dapat dibagi menjadi 2 bagian, kalian memerlukan total 200 ticket untuk menambah halaman talent tersebut, kalian bisa terus mengupgrade Emblem kalian hingga mencapai batas maksimal.

Untuk level Emblem sendiri dimulai dengan level 1 hingga 60.

Untuk kalian yang ingin mencapai level emblem sampai 60 kalian memerlukan banyak emblem fragment,  Magic Dust, dan battle point.

Untuk mendapatkan Emblem Fragment itu sendiri kali akan mendapatkannya melalui event harian, mingguan maupun event tertentu lainya. Kalian juga dapat membeli nya melalui Shop.

Berikut 9 Jenis Set Emblem Yang Ada Di Dalam Permainan Mobile Legend Yang Harus Kalian Ketahui Dan Pahami

1. Emblem Physical

Set emblem ini bisa dibilang sebagai set Emblem alternatif untuk  Hero yang memiliki Physical Attack seperti marksman,fighter,assassin bahkan set Emblem ini juga bisa digunakan sebagai Emblem Defence untuk Hero tank.

Emblem ini sendiri mempunyai 6 talent diantaranya Vitality (+65.00HP) level berikutnya (+130.00 HP) akan bertambah seiring meningkatnya level, Firmness (+4.00 physical defense) per level, Shield (+4.00 magical defense) per level Bravery (+4.00 physical attack) per level, Swift (+2.00 attack speed) per level, Fatal (+1.20% Crit chance) dengan 2 talent utama.

1. Life Drain

Ketika mengeliminasi minion lawan akan memulihkan 3% dari maksimal HP hero yang di gunakan.

2. Open Fire

Ketika memberikan damage dengan skill akan meningkatkan physical attack sebesar 5% selama 3 detik efek ini memiliki cooldown selama 6 detik.

Untuk pemilihan hero yang cocok dengan emblem ini sendiri sebenar nya cukup umum atau bisa dibilang emblem ini cocok untuk semua hero yang memiliki physical attack, terkecuali hero tank karena emblem ini juga memiliki magical defence dan physical defense jadi tidak masalah emblem ini digunakan untuk tank walaupun tidak akan sekeras dibanding menggunakan emblem tank pada umumnya.

2. Emblem Magical

Dari namanya saja pun kalian pasti sudah tahu bahwa set emblem ini sangat cocok untuk hero bertipe magic seperti mage.

Emblem magical ini dapat memberikan, magic power tambahan, hp regen, mana regen, dan dapat untuk mengurangi efek cooldown.

Emblem ini sendiri memiliki 6 talent dasar yaitu, Energy (+70.00 mana) per level, Vitality (+65.00 HP) per level, Awaken (+1.40 mana regen) per level,  Flow (+4.00 magic power) per level, Desire (+1.00% cooldown)  per level, Observation (+2.00 magic penetration) per level, dengan 2 talent utama.

1. Energy Absorption

Berguna jika mengeliminasi minion lawan dapat memulihkan 2% dari maksimal HP dan 3% mana efek ini kan meningkat seiring dengan meningkatnya level.

2. Magic Power Surge

Akan aktif ketika memberikan damage dengan skill akan meningkatkan 11 sampai 25 magic power selama 3 detik (Damage tergantung dengan level hero), efek ini memiliki cooldown selama 6 detik.

Untuk pemilihan hero ini sendiri sebenarnya bukan hanya image saja bahkan emblem ini juga bisa digunakan untuk hero tank, seperti Gatot Kaca , Baxia, dan Johnson.

3. Emblem Tank

Sesuai namanya, emblem ini diperuntukan untuk hero tank walaupun di meta sekarang banyak hero fighter yang di alih fungsikan menjadi tank.

Tetapi walaupun begitu emblem ini nyatanya juga cocok untuk fighter yang dialihfungsikan menjadi tank sama seperti emblem lain emblem ini memiliki enam talent dasar yaitu, Vitality, yang akan menambah HP hero sebesar (+65 00) sampai dengan (+200.00) HP akan bertambah seiring meningkatnya level, Firmness (+400 Physical defense) per  level, Shield  (+4.00 magical defense) per level, Inspire (+2.50% cooldown)per level Fortres (+2.50% physical defense) per level, Purity (+2.50% magical defense) per level dengan 3  talent utama.

1. Tenacity

Berguna ketika HP di bawah 40% akan mendapatkan 35 physical dan magical defense. Efek ini akan meningkat seiring meningkatnya level hero yang kalian gunakan.

2. Brave smith

Talent ini akan menyebabkan efek crowd control kepada lawan dan dapat memulihkan total 5% dari maksimal HP efek ini memiliki cooldown selama 10 detik.

3. Concussive Blast

1 Detik setelah basic attack berikutnya, akan memberikan 125 (+7% total HP) magic damage kepada unit di sekitar hero tersebut skill ini memiliki cooldown selama 15 detik.

4. Emblem Assasin

Emblem yang diperuntukan untuk hero assasin ini sangat mematikan hal itu dikarenakan set emblem ini memiliki physical penetration yang tinggi dan movement speed yang dapat di dimanfaatkan mengingat hero assasin harus selalu keluar masuk war dan melakukan laning.

Emblem ini bahkan banyak digunakan kepada hero selain assassin seperti marksman dan fighter.

Seperti emblem pada umumnya  emblem ini juga memiliki 6 talent dan 3 talent utama.

Bravery  (+4.00 Physical attack) akan bertambah seiring dengan bertambahnya level hero yang digunakan, Mastery (+1.50% cooldown reduction) per level Agility (+4.00% movement speed), Invasion (+2.00 physical penetration) Fatal (+1.20% Crit chance) Bloodthirst (+1.50 spell vamp) dan 3 set emblem utama.

1. Bounty Hunter

Ketika berhasil mengeliminasi hero lawan akan mendapatkan 30% Gold tambahan akan dapat diaktifkan sebanyak 15 kali setelah lebih dari 15 kali pasif ini tidak akan aktif lagi.

2. High And Dry

Jika hanya ada satu hero lawan atau one on one akan mendapatkan damage tambahan sebesar 6%.

3. Killing Spree

Ketika mengeliminasi hero lawan item ini akan memulihkan kembali total 15% HP  dan dapat meningkatkan movement speed sebesar 20% selama 5 detik.

5. Emblem Fighter

Emblem fighter ini dirancang khusus untuk fighter. Mengenal fighter sangat berpengaruh besar dalam tim ketika melakukan war.

Emblem ini mampu memberikan dorongan berupa physical attack maupun spell vamp kepada hero yang di gunakan.

Emblem ini sendiri memiliki 6 halaman talent. Bravery (+4.00 physical) akan meningkat seiring dengan meningkatnya level hero yang digunakan Firmness (+4.00 physical defense) per level, Invasion (+2.00 physical penetration) per level, Persistence (+100.00 HP) perlevel Swift (+1.50 attack speed) dengan 3 equipment utama yaitu:

1. Unbending Will    

Setiap 1% dari total HP yang hilang damage hero akan meningkat sebesar 0.2% (peningkatan damage ini dapat mencapai 12%) efek ini akan meningkat seiring meningkatnya level emblem.

2. Festival Of Blood

Talent ini berguna untuk meningkatkan spell vamp sebesar  8%  untuk setiap hero musuh yang berhasil dieliminasi , spell vamp akan meningkat sebesar 1%  hingga 12%.

3. Disabling Strike

Equipment emblem ini akan menyebabkan slow kepada lawan dan setelah menyebabkan slow kepada hero lawan  emblem ini dapat mengurangi movement speed musuh atau creep lebih dari 20%,  physical attack akan meningkat sebesar 30%, selama 3 detik, efek ini  memiliki cooldown selama 10 detik.

selai digunakan untuk hero fighter emblem ini juga sering digunakan untuk assasin, seperti yang kita ketahui hero assasin yang menggunakan emblem fighter Festival Of Blood

adalah hero Fanny, dengan emblem tersebut Fanny mampu memperkuat spell vamp yang  dia miliki dari pasif nya dan dari item Bloodlust Axe , itu dapat membuat hero Fanny sangat menjadi sangat mematikan di early sampai mid game.

6. Emblem Marksman

Walaupun set emblem ini sangat bagus untuk para hero marksman tetapi di meta sekarang para pengguna hero marksman lebih cenderung menggunakan emblem assasin.

Set emblem marksman ini dapat menambahkan physical attack, attack speed, physical penetration, critical, dan sedikit lifesteal.

Emblem marksman ini sendiri mempunyai 6 talent, Bravery (+4.00 physical attack) akan meningkat seiring meningkatnya level hero yang digunakan Greed (+1.50% physical lifesteal) per level, Fatal (+1.20% critical chance) Doom (+4.50% critical damage) per level, Mastery (+1.50% cooldown reduction) per level, Swift (1.50% attack speed) per level.

1. Weapon Master

Dapat meningkatkan physical attack yang di peroleh nya dari item equipment dan talent emblem sebesar 12%.

2. Electro Flash

Di dalam 1.5 detik berikutnya setelah memberikan damage dengan basic attack akan meningkatkan movement speed sebesar 40%, dan dapat, memulihkan HP sebesar 30% dari physical attack hero lawan efek ini memiliki cooldown selama 10 detik.

3.Weakness Finder

Setiap basic attack memiliki kesempatan mengurangi movement speed hero lawan sebesar 90% dan 50%  dalam waktu yang singkat efek ini memiliki cooldown selama 2 detik.

7. Emblem Mage

Tidak jauh berbeda dengan emblem magical emblem ini sangat cocok untuk hero yang memiliki magic damage, hanya saja emblem ini lebih spesifik dibanding dengan emblem magical, seperti yang diketahui bahwa film ini lebih cocok untuk para hero mage, assassin mage bahkan fighter mage seperti Silvana dan Guinevere.

Kenapa begitu? Hal ini jelas emblem ini lebih menguntungkan dari segi magical damage, dibarengi dengan efek efek yang bisa dibilang lebih mematikan dibanding dengan emblem magical.

Walaupun begitu emblem ini memiliki kekurangan dari segi mana regen, tetapi itu sangat sebanding dengan damage yang diberikan oleh emblem ini.

Emblem ini sendiri memiliki 6 equipment latent diantaranya, Flow (+4.00 magic power) level berikutnya (+8.00 magic power ) dan seterus nya akan bertambah seiring meningkatnya level  Mastery (+1.50% cooldown reduction) per level, Agility (+2.00% movement speed) per level, Observation (+2.00 magical penetration ) per level, Catastrophe (+1.50% magic power) per level, Contact (+1.50% magical lifesteal) per level, dengan 3 equipment talent utama.

1. Mystery Shop

Equipment ini dapat memberikan diskon ketika kita akan membeli item dengan harga 90% dari harga aslinya atau bisa dibilang diskon 10%.

2. Magic Worship

Ketika kita memberikan damage yang lebih besar dari 7% maksimal HP target sebanyak 3 kali dalam waktu 5 detik, target akan terkena efek Burn (Terbakar) sebanyak 3 kali masing masing dapat memberikan 82-250 Magical Damage kepada target efek ini memiliki Cooldown selama 10 detik.

3.Impure Rage

Ketika memberikan Damage dengan Skill akan akan mendapatkan  Magic Damage tambahan setara dengan 4% dari HP target saat ini dan dapat memulihkan 3% mana efek ini memiliki Cooldown selama 5 detik .

8. Emblem Support

Emblem yang sangat dianjurkan kepada User support dengan meningkatkan set Emblem ini kalian dapat  meningkatkan Mobilitas support kalian di dalam permainan.

Emblem ini dapat mengurangi Cooldown, menambah regen HP, Movement Speed, dan dapat memperkaya hero yang di gunakan.

Emblem ini sendiri memiliki 6 equipment dasar diantaranya, Mastery (+1.50% cooldown reduction) level berikutnya (+3.00% cooldown reduction) dan seterusnya akan meningkat seiring level Vitality (+65.00 HP) per level, Agility  (+2.00% movement speed ) per level, Gift (+3.00% efek healing) per level Rupture (+2.00 hybrid penetration) per level Recovery (+1.00 hybrid regen) per level, dengan 3 equipment talent utama yaitu:

1. Focusing Mark

Setelah memberikan damage pada hero lawan, damage yang akan diberikan oleh rekan satu tim akan meningkat sebesar 6% selama 3 detik efek ini memiliki cooldown selama 6 detik.

2. Avarice

Setelah memberikan damage pada hero lawan dapat menghasilkan 10 gold tambahan (hingga 1200 gold ) efek ini memiliki cooldown selama 4 detik.

3. Pull Yourself Together

Dapat mengurangi durasi spawn selam 15% dan dapat mengurangi cooldown spell sebanyak 15%.

9. Emblem Jungle

Bagi kalian yang baru-baru bermain Game Moba pasti kalian kurang paham untuk apa gunanya jungle ini?

Di game semua game moba tentunya memiliki jungle hanya namanya saja yang berbeda beda di Mobile Legend sendi disebut jungle. Nah Emblem jungle ini sendiri berguna untuk melakukan farm jungle dengan lebih efektif, dengan emblem ini kalian akan lebih cepat dalam melakukan farming di jungle.

Tetapi jujur saja ketika kalian akan melakukan penerangan kepada hero lawan, damage hero yang kalian gunakan tidak akan sesakit dibanding jika kalian menggunakan emblem assasin, itu dikarenakan emblem ini hanya dapat berfokus untuk farming agar dapat gold yang lebih banyak untuk melengkapi item yang kalian gunakan.

Emblem ini sendiri memiliki 6 equipment talent dasar diantaranya, Thrill (+4.00 hybrid attack)

Level berikutnya (+8.00 hybrid attack) akan bertambah seiring meningkatnya level, Brutal (+7.00% damage to monster) per level, Balance (+1.50% physical & magical lifesteal ) per level, Swift (+1.50% attack speed) per level, Knowledge (+2.00 battle spell cooldown reduction) per level, Iron (+7.00% damage reduction from monster ) per level, dengan 3 equipment talent utama yaitu,

1.Veteran Hunter

Di saat mengeliminasi Creep dengan retribution  akan mendapatkan total 50 gold tambahan.

2.Wild Power

Meningkatkan efek slow retribution sebesar 20% jika dapat mengeliminasi hero dengan retribution akan mendapatkan  total 50 gold meningkat perolehan gold berikutnya sebanyak 10 (batas perolehan gold berikutnya adalah 1100 gold).

3.Mage Killer

Dapat meningkatkan damage yang diberikan kepada lord , dan turret sebesar 20%, mengurangi damage yang diterima dari lord dan turtle sebesar 20%.

Nah, itulah 9 set emblem yang ada di Mobile Legend yang harus kalian ketahui

Semoga bermanfaat.