Berbicara tentang Game Mobile Legend Bang-Bang Game ini mempunyai keunikan tersendiri diantaranya para hero-heronya, semua hero ini mempunyai karakteristiknya masing  yang sesuai dengan role hero tersebut.

Bukan hanya karakter hero saja. Gameplay  permainan ini juga sangat menegangkan,dengan bermacam hero yang bervariasi skill dan kemampuan yang berbeda beda menjadi nilai tambah  di Game ini.

Di dalam permainan ini masing masing hero mempunyai perannya masing-masing, atau biasa disebut dengan role.

Apa itu role?

Role adalah suatu pengelompokan hero , di Mobile Legend Bang-Bang sendiri role dibagi menjadi enam rol yaitu, tank, assasin, fighter, mage, marksman, support.

Mari kita pelajari enam role yang ada di Mobile Legend Bang-Bang

1. Tank

Tank Tigreal Mobile Legends

Mendengar namanya saja pasti kalian sudah tau. tank memiliki HP tebal, Armor yang sangat kuat dengan daya pertahananya yang sangat kuat ini tank seringkali pasang badan di tengah war ( pertarungan ).

Role tank ini sendiri terbagi menjadi 2 tipe yakni. tank inisiator dan tank support

Tank inisiator atau biasa disebut tank barbar. Tipe tank ini bertugas untuk menginisiasi

Serangan kepada musuh dengan begitu rekan setim akan melakukan back up dari belakang contoh tank inisiator ini seperti Kufra, Tigreal, Atlas, dll.

Sedangkan tank support sendiri bertugas untuk melakukan cover kepada rekan setim biasanya hero tang tipe support ini memiliki heal pada HP .contoh tank support seperti Minotaur.dan Hylos.

Tank bertugas untuk menjaga rekan setim agar tidak mati, membuka map di Mid Game. Kalian bisa menjadi jenderal di Lawn Of Dawn memimpin rekan setim ketika ingin melakukan Gang, War kalian bisa memanfaatkan HP tebal dengan Armor keras kalian untuk menahan Damage  dari lawan

2. Assasin

Assasins Mobile Legends

Role Assasin ini bisa dibilang role tersulit di antara role-role lainnya,  untuk bisa menguasai hero di bagian role ini membutuhkan gerak jari yang cepat skill dan jam terbang yang cukup mumpuni. Itu karena sebagian besar Hero Assasin ini mempunyai pergerakan yang lincah dan damage yang tinggi tetapi mempunyai HP yang tipis.

Role ini sangat rentan sekali terkena gank,  jika kalian salah sedikit saja, kalian akan mati terkena gank oleh musuh.

Tetapi jika kalian mempunyai skill yang mumpuni, role assasin ini akan menjadi hero yang sangat mematikan.kalian harus mempunyai skill membunuh lawan yang sangat tinggi

Kenapa?

Karena tugas dari role Assasin ini sendiri sebagai finishing atau eksekutor untuk memastikan musuh benar benar mati. Diantaranya hero assasin tersulit di season sekarang adalah. Fanny, Ling, Gusion, dan masih banyak lagi.

Assassin biasa bertugas sesuai namanya yaitu pembunuh  assasin harus mengerikan di awal Game usahakan dapat first blood setelah itu hanya berkeliling mapa farming dan kill tim lawan ketika sudah memasuki Late Game serahkan kepada tank dan Fighter untuk open war kalian hanya perlu finishing.

3. Fighter

Fighter Mobile Legends

Tidak jauh berbeda dengan Tank. Role fighter ini mempunyai daya pertahanan yang mumpuni,  bukan hanya daya tahan nya saja  daya serang hero fighter ini cukup bagus.

Walaupun tidak  mempunyai HP tebal ,Armor sekuat Tank dan damage sebesar assassin,

figter ini mampu bertahan dalam Teamfight lebih lama dibanding hero-hero lain,

Itu karena Hero Role ini memiliki heal HP yang cukup tinggi atau biasa disebut lifesteal.

karena lifesteal ini fighter mampu memberikan serangan yang cukup mematikan dengan daya defence yang cukup.

Mengingat akan mobilitas nya yang cukup tinggi role ini di season sekarang lebih sering digunakan sebagai  offlaner .apa itu offlaner?

Offlaner adalah hero solo line di line bawah maupun di atas, itu sebabnya fighter harus mempunyai daya tahan dan serang yang cukup baik.

Di dunia Mobile Legend Bang-bang fighter biasanya memiliki 2 tugas yakni  mengganggu farming core lawan misal seperti marksman untuk mengurangi pengaruh nya di Late Game walaupun solo Line  usahakan jangan kalah jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan kill jika kondisi tidak terlalu menguntungkan mu ketika sampai di Late Game sikat musuh tanpa ampun.

4. Marksman

Mobile Legends Marksman

Mendengar namanya saja pasti kalian sudah tau apa itu marksman.

Marksmen atau penembak jitu ini mempunyai jangkauan serangan yang luas karena marksman ini berfungsi sebagai Damage Dealer atau penyalur serangan Marksman tidak begitu mendominasi di Early Game tetapi akan mulai terlihat mendominasi di Mid sampai Late Game itu karena Hero ini memerlukan Item terlebih dahulu untuk meningkatkan Damagenya.

Role marksman ini bahkan bisa mengubah alur permainan bahkan sampai membalikan keadaan tidak jarang ada derama epic comeback  itu di karena kan di Late Game Damage hero Marksman ini sangat lah besar bahkan Armor tank sekalipun mampu ditembus olehnya

Tetapi walaupun mempunyai Damage yang begitu besar Role Marksman ini rentan sekali terciduk itu karena HP nya yang sangat tipis Lifesteal pun tak sebesar fighter kunci permainan dari role marksman ini adalah selalu menjaga jarak ketika sedang melakukan Teamfight.

Pada awal mula permainan marksman hanya harus farming, clear line, push tower jika memungkinkan ketika memasuki mid game usahakan selalu ikut memasuki war  untuk memberikan damage kepada musuh.

5. Mage

Mobile Legends Mage

Role mage adalah hero yang memiliki magical damage, role yang satu ini biasanya mempunyai crowd control, bahkan stun.

Biasanya mage ini sangat berjaya di early sampi mid game, dengan kombinasi – kombinasi skill dan damage magic-nya yang sangat sakit.

Mage ini dapat menghabisi musuh dalam hitungan kurang dari satu detik terutama kepada Marksman dan Assassin.namun perlu diperhatikan bahwa HP dari hero mage ini sangatlah tipis sehingga mudah sekali mati.

Tugas mage biasanya adalah menunggu pergerakan tim lawan pada awal game dengan bergerak mengelilingi map untuk mengganggu musuh dengan skill – skillnya atau jika memungkinkan bisa membunuh musuh. Mage akan berkurang potensinya jika sudah mulai memasuki late game.

Tugas yang biasanya dilakukan oleh role ini hanya mencicil HP musuh sisanya serahkan kepada rekan setim untuk menghabisi musuh.

6. Support

Mobile Legends Support

Role support ini sangat jarang sekali digunakan. Bahkan jumlah hero support sangatlah sedikit.

Seperti namanya namanya peran dari role support ini adalah untuk membantu tim atau recovery tim hampir sama dengan tank. Namun, support lebih sering bermain di belakang.

sebagian besar role support ini mempunyai heal seperti : Rafaela, Angela, Estes dll.  

Cara bermain support ialah hanya untuk melindungi rekan setim selalu siap akan gank dari lawan maupun sedang melakukan teamfight.

Dari penjelasan di atas ,kalian sudah pahamkan apa itu role pada Mobile Legends Bang-Bang.