Untuk game populer biasanya memiliki turnamen sendiri guna untuk meningkatkan kepopuleran dan meningkatkan konsumen game itu sendiri. Mobile Legends sendiri mempunyai turnamen profesional resminya yakni, Mobile Legends Professional League (MPL).

Mobile Legends Professional League Indonesia (MPL ID) merupakan sebuah turnamen game paling bergengsi di Indonesia. MPL ID sendiri sudah berlangsung selama 8 Season, dimulai dari Season 1 pada tahun 2018  hingga sekarang sudah mencapai Season 8 tercatat sudah ada beberapa tim yang berhasil menjuarai pagelaran ini.

Nah, kalian pasti penasaran tim apa saja yang berhasil menjuarai turnamen besar ini.

Yuk simak daftar tim yang berhasil menjuarai MPL ID di bawah ini.

Daftar Juara MPL ID (Mobile Legends Professional League Indonesia)

Season 1 NXL

Daftar Juara MPL dari Season 1 hingga 8, RRQ Mendominasi

Juara MPL Season 1 di dapatkan oleh tim NXL, tim ini berhasil menjuarai MPL season 1. Mereka sukses mengalahkan team EVOS dengan skor tipis 3-2.

Hasil yang tidak disangka-sangka ketika NXL berhasil menumbangkan EVOS yang notabenenya adalah tim favorit juara waktu itu. Roster NXL diisi oleh Watt, G, Rave, LJ dan Billy.

Mereka berhasil memberikan kejutan dengan mengalahkan tim EVOS yang kala itu diperkuat oleh pemain bintang seperti, Donkey, Jessnolimit, Oura.

Dengan begitu NXL dapat meraih juara MPL season 1 dan menjadi tim pertama yang berhasil menjuarai MPL ID.

Season 2 RRQ O2

Daftar Juara MPL dari Season 1 hingga 8, RRQ Mendominasi

Pada daftar juara MPL urutan kedua ada RRQ O2 berhasil menjuarai MPL ID season 2 dan merupakan gelar MPL pertama bagi mereka.

RRQ O2 yang tampil menonjol mampu mengalahkan berbagai tim kuat seperti Onic mampu ditumbangkan oleh tim yang satu ini

RRQ O2 yang kala itu diperkuat oleh Tuturu, Liam, Ayam jago, Ampun Om (Calvien) dan Lemon. Mampu mengalahkan rival abadinya yaitu EVOS esport dengan skor telak 3-0.

Season 3 ONIC

Daftar Juara MPL dari Season 1 hingga 8, RRQ Mendominasi

Season sebelumnya ONIC memang menjadi kandidat kuat untuk menjadi juara tetapi ONIC belum berhasil mendapatkan gelar juara.

Pada musim ini ONIC mampu menunjukan taringnya dengan memenangkan gelaran MPL.

Di final saat itu ONIC mampu menumbangkan tim LOVRE yang diperkuat oleh, Watt, Marsha, hingga Kido.

ONIC diperkuat oleh para pemain muda seperti Udil, Psychoo, Antimage, Sasa, dan Drian. Mereka mampu mengangkat piala kemenangan di pagelaran MPL ID season 3.

Season 4 EVOS

Daftar Juara MPL dari Season 1 hingga 8, RRQ Mendominasi

Pada daftar juara MPL selanjutnya, akhirnya setelah mengalami 2 kekalahan dalam laga final EVOS berhasil memenangi kejuaraan MPL ID season 4. Setelah sebelumnya EVOS hanya mampu menjadi runner-up, di season ke 4 ini EVOS mampu menunjukan taring macan putihnya dan mendapatkan piala kemenangan di kejuaraan MPL.

Saat itu EVOS yang diperkuat oleh Donkey, Oura, Wann, Luminaire dan Rekt, berhasil membalas dendam kekalahan final sebelumnya dari squad dari RRQ Hoshi yang berisikan Lemon dkk mampu tumbang di tangan EVOS dengan skor 3-1.

Season 5 RRQ Hoshi

Daftar Juara MPL dari Season 1 hingga 8, RRQ Mendominasi

Di season ke 5 turnamen MPL ID, RRQ Hoshi berhasil mendapatkan gelar juara untuk kedua kalinya. Di laga final RRQ berhadapan kembali dengan musuh bebuyutannya yaitu EVOS.

Xin yang bermain apik di di laga ini menjadi player yang sangat diwaspadai oleh tim dari EVOS.

RRQ Hoshi dapat mengalahkan tim dari EVOS dengan skor tipis 3-2.

Season 6 RRQ Hoshi

Daftar Juara MPL dari Season 1 hingga 8, RRQ Mendominasi

Season ke 6 ini menjadi season paling sengit di antara pagelaran MPL Season sebelumnya pasalnya disini Alter Ego tampil impresif di semua laga hingga mampu melaju ketitik final untuk pertama kalinya.

Namun RRQ yang sebagai lawan mereka (Alter Ego) bukanlah tim yang mudah dikalahkan.

Mengingatkan bahwa RRQ ini adalah juara bertahan di MPL ID.

Pertandingan di laga final ini sangatlah sengit bahkan di babak kelima yang bisa dibilang adalah babak penentuan, para pemain di paksa bermain selama 40 menit bahkan lebih.

Hingga akhirnya terjadi epic comeback dimana seluruh pemain dari Alter Ego berhasil di sapu bersih oleh tim dari RRQ Hoshi sehingga dapat dipastikan bahwa tim dari RRQ Hoshi menjadi pemenang dalam laga tersebut dengan skor 3-2.

Sekaligus menjadi gelar ke 2 berturut turut dari RRQ dan berhasil mendapatkan gelar ke 3 nya dalam ajang turnamen MPL ID. Sejauh ini, RRQ menjadi pemegang juara terbanyak dalam daftar juara MPL dari awal kali dihelat.

Season 7 EVOS Legends

Daftar Juara MPL dari Season 1 hingga 8, RRQ Mendominasi

Pada MPL ID season ke 7 ini EVOS berhasil menobatkan dirinya sebagai juara untuk kedua kalinya.

EVOS yang kala itu diperkuat oleh player bintang yang pernah mendapatkan gelar juara di tim sebelumnya seperti Antimage dari ONIC dan LJ dari NXL dan RRQ.

Spesial untuk LJ ini menjadi gelar ketiganya setelah sebelumnya di  NXL dan RRQ ia mampu menjuarai pagelaran MPL.

Pada partai final tersebut EVOS yang diperkuat oleh Rekt, Wann, Lj, Antimage, dan Luminaire

Berhasil menaklukan tim dari BIGETRON ALPA yang saat itu diperkuat oleh Kyy, Branz, Renbo, Dream, dan Matt Dengan skor telak 4-2 atas BIGETRON ALPA. EVOS pun dalam daftar juara MPL telah berhasil memenangkan turnamen dua kali.

Season 8 ONIC

Daftar Juara MPL dari Season 1 hingga 8, RRQ Mendominasi

Pada daftar juara MPL terakhir, yakni season 8, ONIC dengan line up yang berbeda dari season sebelumnya mampu mendapatkan piala kemenangan di kejuaraan MPL(ID) season 8 dengan Sanz sebagai jungler satu-satunya pemain yang bertahan di team ONIC adalah Drian.

ONIC Yang kala itu diperkuat oleh, Sanz, Drian, Kiboy, Cw, dan Buts berhasil menaklukan tim dari RRQ Hoshi yang kala itu diperkuat para pemain bintang seperti Albertt, R7, dan Xinnn. 

Ketidak hadiran ya Lemon yang bisa berperan di mana saja memang memberikan dampak buruk untuk RRQ hal ini dibuktikan dengan kalahnya RRQ  atas ONIC  dengan skor 4-3.

Nah itulah daftar tim yang menjadi juara di turnamen MPL (ID) dari season 1 sampai dengan 8.

Menurut kalian siapakah yang akan menjadi juara di MPL season berikutnya ?