Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang sesuatu yang mengejutkan sekaligus menyedihkan.

Ini datang dari Kurama yang mengorbankan diri untuk Naruto, demi mengalahkan Ootsuki Isshiki.

Namun sebelumnya, mari kita bahas tentang mengapa Kurama bisa mati dan mengorbankan diri.

Semuanya bermula ketika pertarungan antara Boruto, Naruto, Sasuke melawan isshiki.

Diperlihatkan pada manga Boruto chapter 51 sampai dengan chapter 53, dan di dalam anime Boruto episode 218 dan 219 terjadi pertarungan yang sengit diantara mereka.

Pertarungan terjadi cukup singkat namun ada banyak adegan yang sangat epik di episode kali ini, dimana Naruto dan Sasuke berusaha mengimbangi kekuatan dari Isshiki yang menakutkan.

Sehingga Naruto dan Sasuke mengerahkan semua kekuatan yang mereka miliki, tapi di luar dugaan ternyata kekuatan dari isshiki melebihi perkiraan dari Naruto dan Sasuke.

Dari sini kita mulai dimana Kurama mengusulkan sebuah cara untuk bisa mengalahkan Isshiki, dan ini merupakan mode terakhir dan terkuat dari bijuu mode yang pernah ada bahkan teknik ini sangat berbahaya karena setelah menggunakan mode ini penggunanya akan mati.

Tentu saja dengan resiko yang sangat besar kemampuan nya pun pasti luar biasa hebat, karena mempertaruhkan nyawa sebagai imbalan.

Sama halnya dengan jurus terlarang milik Guy, Hachimon tonkou no jin, Gerbang kedelapan yang bahkan bisa melampaui para kage bahkan hampir menewaskan madara.

Namun setelah menggunakan nya, Guy langsung berubah menjadi debu, sama halnya dengan mode yang Kurama usulkan dan mode ini bernama Baryon Mode.

Baryon Mode Menumbalkan Kurama? Bagaimana Nasib Naruto dan Sasuke?

Baryon Mode

Baryon mode adalah bentuk transformasi terakhir dan terkuat yang dimiliki Naruto saat ini, dalam mode Baryon membuat kekuatan Naruto meningkat pesat seperti dewa bahkan bukan hanya Isshiki yang terkejut namun Sasuke pun tidak mengetahui bahwa Naruto mempunyai kekuatan sebesar ini.  

Namun layaknya pisau bermata dua, kekuatan yang diperoleh ini sangat lah singkat dan harus digunakan secara efisien. Karena metode ini sangat khusus, bukan hanya cakra yang digunakan sepenuhnya namun kehidupan dari Kurama itu sendiri.

Kekuatan ini jelas saja membuat Isshiki menjadi babak belur, dia belum mendapatkan serangan yang fatal namun sudah membuat luka dalam yang sangat serius.

Karena mode Baryon ini menyerang langsung inti kehidupan dari isshiki.

Kurama mengatakan bahwa layaknya seperti fusi nuklir, dan bagaimana matahari menghasilkan energi begitu pula cara kerja mode ini.  

Sedang kan arti dari fusi nuklir itu sendiri Dalam fisika nuklir, fusi nuklir adalah sebuah reaksi di mana dua inti atom bergabung membentuk satu atau lebih inti atom yang lebih besar dan partikel subatom. Perbedaan dalam massa antara reaktan dan produk dimanifestasikan sebagai pelepasan energi dalam jumlah besar. Dikutip dari Wikipedia.  

Dengan pelepasan energi yang begitu besar, maka ini akan menjadi kali pertama dan terakhir Naruto menggunakan mode Baryon. Karena setelah ini, salah satu dari kehidupan antara Naruto atau Kurama akan lenyap.  

Naruto harus segera mungkin melenyapkan musuh nya,jika tidak maka kekuatan ini hanya akan menjadi sia-sia. karena inti kehidupan Naruto yang akan habis terlebih dahulu.  

Namun dengan ini sudah cukup untuk bisa mengalahkan Isshiki, dan Kurama pun mengungkapkan fakta sesungguhnya dari resiko mode Baryon.  

Kematian Kurama

Disaat pertempuran, Kurama mengungkapkan bahwa jika menggunakan Baryon mode akan mengorbankan nyawa mereka berdua. Tapi yang sebenarnya tidak demikian, namun hanya nyawa Kurama saja yang dipertaruhkan.

Kurama mempunyai alasan mengapa dia tidak mengatakannya dari awal, karena jika Naruto mengetahui yang sesungguhnya dia akan ragu-ragu dalam mengambil keputusan.

Bahkan bisa saja Naruto enggan menggunakan nya, karena akan mengorbankan nyawa Kurama yang sudah menjadi bagian dari diri Naruto.

Namun arti sesungguhnya dari kematian Kurama adalah, cakra yang benar benar lenyap dari tubuh Naruto. Tapi apakah Kurama bisa hidup kembali ?

Mari kita sedikit berteori tentang hal ini !

Kurama adalah bijuu ekor sembilan atau dikenal dengan Kyubi, dan asal usul Kyuubi yaitu dari bijuu ekor 10 atau disebut juubi.

Karena kekuatan yang sangat besar dari juubi, maka pendiri Ninshu pertama yang dikenal dengan nama Ootsuki Hagoromo membelah kekuatan besar ini menjadi sembilan bagian dan terciptalah biju dari mulai ekor 1 sampai 9.  

Bijuu sendiri sebenarnya adalah bentuk sejati dari cakra yang begitu besar, maka dengan demikian tidak menutup kemungkinan bahwa Kurama dapat dihidupkan kembali selagi masih ada para biju yang tersisa.

Mengapa demikian? Karena teori ini berdasar kepada percakapan antara Tsunade dan Raikage ketika akan memulai perang besar shinobi ke 4.

Raikage saat itu sedang menghadang Naruto yang akan melaju ke medan perang dan Raikage akan membunuh Naruto dan menunda reinkarnasi dari Kyuubi, atau saat Madara mengambil Kyuubi dari Naruto kemudian Minato memberikan chakra Kurama yang ada pada dirinya kepada Naruto, disitu juga Kurama bisa hidup kembali di dalam diri Naruto walaupun hanya setengah dari bentuk aslinya

Itu artinya selagi masih ada cakra yang tersisa dari Kurama bukan mustahil jika Kurama bisa dihidupkan kembali.  

Rinnegan Yang Hilang


Pada episode kali ini di perlihatkan bahwa Boruto sedang kesurupan Momoshiki, yang bersemayam dalam karma di dalam tubuh Boruto.

Momoshiki tentunya tahu bahwa Rinnegan Sasuke sangatlah merepotkan, dengan mampunya berpindah ruang dan waktu selain itu juga mampu bertukar tempat secara instan jelas Rinnegan Sasuke sangat diperhitungkan.

Sehingga saat ada celah Momoshiki memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menusuknya, namun ini juga merupakan kehilangan berharga dimana kekuatan utama Sasuke akhirnya menghilang.  

Disini diperlihatkan bahwa karakter favorit kita dalam dunia Naruto seakan akan di nerf habis-habisan, supaya tokoh utamanya Boruto lebih menonjol.  

Karena jika Naruto dan Sasuke tetap dibiarkan overpower, maka Boruto seakan seperti figuran di dalam cerita nya sendiri.