Dari sekian banyak anak muda di bumi ini, ada banyak sekali orang-orang yang sangat tergila-gila dengan hal-hal yang berhubungan dengan Jepang.

Entah itu dari sisi film animasi, drama, gaya rambut, cara berbicara, Bahasa, cara berpakaian sampai dekorasi ruangan.

Orang-orang seperti itu biasa disebut sebagai wibu. Wibu bukanlah orang Jepang yang sangat cinta dengan negaranya atau budayanya. Hal itu sangat jauh berbeda dengan wibu.

Lalu, apa itu Wibu?

Singkatnya, Wibu adalah sekelompok orang atau individu yang sangat tergila-gila dengan hal-hal yang berbau Jepang.

Mereka bukanlah orang Jepang dan juga tidak tinggal di negara Jepang. Bahkan, Sebagian besar dari mereka kurang bisa bahkan tidak mengerti Bahasa Jepang.

Bagaimana istilah Wibu ini bermula dan berkembang?

Awalnya, istilah Wibu ini bermula dan berkembang di negeri-negeri barat dengan istilah Weaboo.

Weaboo sendiri merupakan istilah bagi orang-orang barat yang tidak tinggal di Jepang, tidak memiliki keturunan Jepang dan bahkan Sebagian besar tidak dapat berbahasa Jepang tetapi memiliki minat yang sangat tinggi pada Jepang.

Orang-orang seperti itu benar-benar merasa bahwa dirinya adalah orang Jepang atau minimal mirip dengan orang-orang asli Jepang.

Karena hal-hal itulah orang-orang yang disebut Weaboo atau Wibu sering sekali bertingkah layaknya orang Jepang asli.

Nah, seraya istilah itu menyebar di internet, maka orang Indonesia menyerap istilah tersebut dan menyebut orang-orang tersebut dengan istilah Wibu.

Ada pemikiran bahwa seseorang dapat disebut Wibu jika dia sangat suka menonton anime. Apakah hanya dengan suka menonton anime, seseorang langsung dapat dicap sebagai Wibu? Tidak.

Lalu, bagaimana seseorang dapat memenuhi syarat untuk disebut sebagai wibu?

Syarat agar dapat disebut sebagai Wibu

Rupanya, wibu bukanlah seseorang yang hanya sekedar menonton anime atau membaca manga atau komik Jepang.

Seperti penjelasan di atas, Wibu merupakan orang yang sangat tergila-gilam terhadap sesuatu yang berbau Jepang dan sampai ke taraf tidak menghargai budayanya sendiri.

Sebelum istilah Wibu tersebar, ada istilah lain bagi orang-orang yang terobsesi dengan hal-hal berbau Jepang ada Wapanese yang merupakan singkatan dari Wanna be Japanese.

Dari istilah tersebut kita jadi paham bahwa seseorang dapat disebut wibu adalah orang yang bertingkah mirip dengan orang Jepang dan sampai berpikir bahwa dia sedang ada di Jepang.

Selain itu, berbeda dengan Otaku ,Wibu sangat suka mengoleksi pernak-pernik yang berbentuk karakter-karakter anime.

Intinya, hidupnya tidak bisa lepas dari hal-hal yang berbau Jepang.

Apakah kamu memiliki teman yang sangat mencintai seorang karakter anime sampai mengoleksi poster-posternya di kamar? Dia juga dapat disebut sebagai wibu.

Sering dipandang Buruk oleh Orang Sekitar

Seseorang Wibu serignkali mendapatkan predikat sebagai orang-orang yang perlu dijauhi. Apa maksudnya? Seringkali, Wibu berakting seolah-olah dia adalah orang Jepang. Hal ini membuat banyak orang merasa risi terhadap seseorang tersebut.

Wibu juga dikenal sebagai orang yang suka menyendiri. Suatu hal yang lumrah bahwa seorang Wibu memiliki jauh lebih banyak waktu untuk sendiri daripada Bersama orang lain.

Selain itu, seperti definisi Wibu di atas, seorang Wibu sering sekali memuji-muji berlebihan beberapa hal dari Jepang.

Ciri-ciri Wibu yang Sering Sekali Ditemui

Ya, seperti golongan lainnya, Wibu juga memiliki ciri-ciri yang mencolok sehingga sangat mudah dikenali.

Ciri-ciri Wibu ini barangkali sangat sering kamu temukan pada teman-teman kamu.

Salah satu ciri-cirinya suka menjadikan gambar tokoh anime sebagai foto profil media sosialnya juga merubah nama akun sosial media-nya dengan nama dengan nuansa Jepang.


Bagaimana pendapatmu tentang Wibu?