Jika kamu adalah salah satu orang yang suka menonton anime, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata “seiyuu”. Apa sih seiyuu itu? Lalu bagaimana dengan cara kerja seiyuu?

Tenang saja, semua akan kita bahas di artikel ini secara mendalam. Pastikan kamu untuk terus mengecek artikel ini agar kamu semakin memahami arti dari kata “seiyuu” ya !

Dalam menonton anime, tentunya kamu pasti pernah jatuh hati atau menyukai salah satu karakter yang ada di anime yang kamu tonton. Alasan kamu untuk menyukai salah satu karakternya bisa sangat bermacam – macam.

Semua orang menyukai suatu hal dengan beberapa faktor yang berbeda – beda. Sama seperti saat kamu menyukai salah satu karakter dari anime favoritmu. Kira – kira, alasan apa yang membuatmu menyukai salah satu karakter tersebut ?

Mungkin bisa saja kamu menyukai salah satu karakter karena tampilannya yang digambarkan menjadi orang yang imut atau pun keren.

Bisa juga alasan kamu menyukainya karena memiliki sifat yang dingin, tenang atau bahkan sangat konyol, dan yang terakhir, kamu bisa saja menyukai salah satu karakter dikarenakan oleh suaranya yang bisa saja terdengar imut – imut manja atau bahkan keren sangat maskulin.

Bahkan suara, juga bisa menjadi salah satu daya tarik untuk menyukai karakter anime. Hal ini lah yang dimanfaatkan oleh para pelaku industri kreatif di Jepang, yaitu dengan memanfaatkan sebuah suara. Hal ini lah yang memicu adanya seorang seiyuu di Jepang. Lalu apa sih seiyuu itu ?

Arti dari Seiyuu

Seiyuu merupakan sebuah sebutan untuk seseorang yang mengisi Suara Film ataupun anime di Jepang. Seiyuu ini merupakan sebutan lain dari Voice Actors atau pengisi suara.

Biasanya, seiyuu di Jepang memiliki tingkat popularitas yang bagus. Saking populernya, ketenaran seiyuu malah bisa mengalahkan seorang animator.

Tak hanya di sebuah film atau anime, seorang seiyuu biasanya juga mengisi suara video game. Seperti yang kita tahu, negara Jepang memang merupakan sebuah negara nomor 1 dalam menghasilkan sebuah video game.

Setelah kamu membaca semua uraian diatas, tentunya kamu sudah mulai sedikit paham dong mengenai sebuah peran dari seorang seiyuu di Jepang. Dimulai dari mengisi sebuah suara di film, anime atau bahkan video game.

Selain hanya mengisi sebuah suara, seorang seiyuu juga biasanya juga turut andil di dunia tarik suara. Tak jarang pula seorang seiyuu juga ikut mengisi sebuah soundtrack dari sebuah anime. Bahkan seorang seiyuu juga ada yang menjadi seorang Idol loh.

Tak sampai disitu, dengan kepopuleran yang luar biasa seorang seiyuu juga bisa dikatakan sebagai public figure. Mereka mempunya para penggemarnya tersendiri, sehingga banyak para penggemar dari seiyuu yang mendambakan beberapa seiyuu. Entah itu dikalangan seiyuu laki – laki atau bahkan perempuan.

Apakah kamu juga tertarik untuk menjadi seiyuu? Kamu tentu saja bisa loh jika kamu mempunyai cita – cita menjadi seiyuu.

Di Jepang, ada jurusan kuliah khusus untuk kamu yang berminat untuk menjadi seiyuu. Kamu bisa bergabung di sebuah universitas dengan jurusan drama atau bisa mengikuti sebuah klub teater di kampus.

Namun ternyata, untuk pekerjaan seiyuu sendiri ini tidak segampang yang dikira loh. Kamu harus bisa memiliki beberapa versi suara.

Seperti suara perempuan atau laki – laki, suara anak – anak, remaja atau bahkan suara seorang lansia. Kamu harus pandai – pandai memiliki beberapa karakter suara.

Sekian dulu penjelasan mengenai seiyuu. Mungkin artikel diatas sudah cukup jelas ya untuk menjelaskan bagaimana seorang seiyuu di Jepang dan bagaimana cara seiyuu bekerja.

Daftar Seiyuu Terpopuler

1. Hiroshi Kamiya

Hiroshi Kamiya, pria yang lahir pada 28 Januari 1975 ini telah banyak mengisi karakter anime populer seperti Levi Ackerman dari Attack on Titan, Trafalgar D Law dari One Piece, Akashi Seijuro dari Kuroko no Basuke, Koyomi Araragi dari seri Monogatari dan masih banyak lagi.

2. Daisuke Ono

Daisuke Ono memulai karir aktor pengisi suara atau seiyuu mulai dari 2002. Banyak karakter yang telah ia isi sebagai seiyuu seperti Sebastian Michaelis dari Black Butler, Erwin Smith dari Attack on Titan, Jotaro Kujo dari Jojo Bizzare Advanture: Stardust Crusader, Shizuo Heiwajima dari seri Durarara, dan lain lain.

3. Kana Hanazawa

“Tutturu” ucapan yang sering disenandungkan oleh Shiina Mayuri Steins Gate. Dibalik imutnya suara Shiina Mayuri ternyata Kana Hanazawa menjadi pengisi suara karakter ini.

Selain Shiina Mayuri, Kana Hanazawa mengisi suara karakter seperti Sengoku Nadeko dari Koyomimonogatari, Kosaki Onodera dari Nisekoi, Akane Tsunemori dari Psycho-Pass, dan masih banyak lagi.

4. Yuki Kaji

Ada yang tahu siapa seiyuu dari karakter Eren Yeager dari Attack on Titan? ya, Yuki Kaji lah yang mengisi dari karakter ini.

Dengan suaranya yang khas serta skill yang mumpuni dalam mengisi suara, Yuki Kaji telah mengisi pemeran suara banyak karakter seperti Meliodas dari Nanatsu no Taizai, Koichi Hirose dari Jojo Bizzare Advanture: Diamond is Unbreakable, Todoroki Shoto dari My Hero Academia, Shindo Arata dari Psycho-Pass.

5. Sugita Tomokazu

Pria yang lahir pada 11 Oktober 1980 ini dikenal dengan suara uniknya pada karakter Sakata Gintoki pada Gintama.

Selain itu, Sugita turut menjadi seiyuu pada karakter Joseph Joestar pada Jojo Bizzare Advanture: Battle Tendency, Kyon dari Suzumiya Haruhi, Escanor dari Nanatsu no Taizai, dan masih banyak lagi.

6. Saori Hayami

Selain menjadi seiyuu, Saori Hayami juga merupakan penyanyi.

Saori Hayami mengisi banyak karakter dari anime terkenal seperti Yukino Yukinoshita dari Oregairu, Miyuki Shiba dari Mahouka Koukou no Rettousei, Yumeko Jabami dari Kakegurui, Shinobu Kochou dari Kimetsu no Yaiba.