Sering kali terbaca, ketika kalian hendak mencari anime yang kalian cari berdasarkan genrenya.

Lalu apa kira-kira maksud dari anime slice of life ini?

Bisa dikatakan tak dibutuhkan mengandung adanya konflik yang terlalu berat, agar bisa tampilkan anime menarik tentunya. Inilah cikal bakal terbentuknya konsep slice of life, jika berdasarkan artinya sendiri.

Slice of life ialah satu dari banyaknya genre dalam anime yang biasa hadir, dan berisikan aktifitas sehari-hari yang umum dilakukan oleh orang-orang.

Semisal pergi belajar di sekolah, tak lupa menyiapkan bekal, berteman dengan banyak orang, berbelanja kebutuhan sehari-hari, mengerjakan tugas , hingga pergi ke suatu tempat untuk refreshing.

Genre tipe ini sangat populer di perfilman anime di Jepang, yang bisa memperagakan cerita dengan konsep serealistis dengan relevan pola kehidupan umumnya.

Tak mengherankan banyak penonton yang menyukai genre ini, sebagai pedoman hidup sehari-hari mereka. Bisa dikatakan sebagai relaksasi atas beratnya hidup bermasyarakat dan lain sebagainya.

Dibawah ini adalah beberapa anime dengan genre slice of life, mari kita ulas!

16 Anime Slice of Life Terbaik yang Harus Ditonton

1. Barakamon

Barakamon ialah anime slice of life yang diadaptasi dari serial komik di Jepang, yang buat serta digambarkan oleh Satsuki Yoshino. Tahap serialisasinya telah dimulai oleh Square Enix Gangan Online, dikeluarkan kala itu Februari 2009.

Bercerita tentang Seishū Handa, yaiyu kaligrafer yang berpindah ke Pulau Gotō bertempat di sebelah barat pesisir Kyūshū, dan melakukan bermacam interaksi dan komunikasi dengan para penduduk desa itu.

Ditayangkan 6 Juli 2014 – 28 September 2014 berjumlah 12 episode,di Musim Tayang Summer 2014.

2. Danshi Koukousei no Nichijou

Pada anime ini bercerita mengenai kelompok anak laki-laki dari SMA Sanada yang berada pada keingintahuannya, di taraf gila.

Mereka  yang saat itu,  sedang berusaha mencari jati diri kehidupannya. Musim Tayang Winter 2012, Tanggal Tayang 10 Januari 2012 – 27 Maret 2012. Jumlah Episode, 12 Episode + 7 Spesial.

3. Servant x Service

Cerita berkutat pada Lucy, dikarenakan namanya yang panjang hasil pemberian orangtuanya sudah sah secara hukum dan tersetujui oleh pegawai negeri sipil.

Berkat itu ia mengalami trauma masa kecil, dan ia bertekad untuk menemukan dan membalaskan dendam kepada orang yang telah melegalkan namanya.

Namun menjadi pegawai negeri bukanlah pekerjaan yang mudah, terdapat banyak tantangan demi jalani kehidupan hari-harinya di kantor pegawai negeri.

Jumlah Episode 13, Musim Tayang Summer 2013 Tanggal Tayang 5 Juli 2013 – 27 September 2013.

4. New Game!

New Game! Dibaca  Nyū Gēmu, ialah suatu sejak komik 4 panel besutan Shōtarō Tokunō. Tayang 4 Juli 2016 – 19 September 2016, jumlah episode 12 + OVA.

Mengisahkan sesudah Aiba Suzukaze, terdedikasi oleh sebuah desain karakter video game kesukaannya saat remaja.

Kemudian ketika lulus, ia memilih bekerja menjadi perancang karakter game Eater Jump tempat pengembangan permainan kesukaan dia dulu.

Disana lah ia bertemu dengan teman-teman seperjuangan, antar satu perusahaan yang sama.

5. Working!!

Awal mula anime slice of life terbaik ini diadaptasi dari manga yang ditulis kemudian diilustrasikan oleh Karino Takatsu, yang bermula dari aktivitas beberapa karyawan yang tak umum, bertempat di sebuah cabnagi dari restoran keluarga bernama Wagnaria.

Musim Tayang Spring 2010,  Tanggal Tayang 4 April 2010 – 27 Juni 2010 jumlah episode 13.

6. Nichijou

Nichijou berkisah mengenai kehidupan dari sehari-hari, berbagai orang di satu kota bernama Tokisadame. Namun terfokus pada Yūko Aioi yang idiot periang, Mio Naganohara yang ceria murah senyum, dan  Minakami Mai yang memiliki muka datar tak berekspresi / pendiam.

Kemudian ada Nano si robot yang super khawatir dengan identitasnya sebagai robot, ada juga anak kecil yang telah menjadi seorang Profesor yang telah berhasil membuat robot, dan tak lupa ada kucing yang dapat berbincang-bincang yang bernama Sakamoto.

Bersama dengan beberapa tokoh-tokoh lainnya yang gak dapat disebutkan satu persatu.

Hal yang terjadi berupa peristiwa yang sangat acak atau bisa dikatakan aneh terjadi secara berurutan pada semua seri, terutama lewat situasi duniawi yang biasa dialami pada setiap karakter di sini.

Musim Tayang Spring 2011, Tanggal Tayang 3 April 2011 – 25 September 2011, berjumlah 26 episode.

7. Usagi Drop

Berawal dari saat Daikichi pulang ke rumahnya, agar dapat mendatangi pemakaman kakeknya tersebut.

Akan tetapi tak dipercaya, ia justru menemukan seorang gadis anak kecil yang bernama Rin dan ia ialah anak dari sang kakek dengan identitas ibu yang tak diketahui pihak keluarganya.

Walaupun Rin adalah anak sah sang kakek, tak ada satupun dari keluarga kakek itu mau mengasuhnya.

Karena beranggapan Rin yaitu anak tak dalam pernikahan yang berarti diluar pernikahan, melihat itu hati Daikichi terasa sesak dan kemudian mengambil alih untuk mengasuh Rin seorang diri walaupun dai tak memiliki sedikitpun pengalaman mendidik anak-anak.

Musim Tayang Summer 2011, Tanggal Tayang 8 Juli 2011 – 16 September 2011.

8. Himouto! Umaru-chan

Mengisahkan mengenai Umaru Dina, seorang gadis ia seorang siswa SMA yang tinggal bersama dengan kakaknya bernama Taihei Doma.

Dia memiliki 2 kepribadian, di sekolah Umaru akan menjadi murid yang sangat terkenal, berpenampilan yang ramah, hasil ujian yang berprestasi dan memiliki bakat  segudang keterampilan.

Namun saat pulang sekolah ia akan berpenampilan kecil dan topi lebar berbentuk hamter, sangat sering main video game, santai  meminum cola dan keripik singkong dan tak lupa suka menjaili kakaknya itu.

Musim Tayang Summer 2015, Tanggal Tayang 9 Juli 2015 – 24 September 2015, berjumlah 12 episode.

9. Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge

Tanaka yaitu tipe cowok pemalas yang hanya menyukai tidur, menopang diri dengan dagu, punya ciri mata orang yang sedang mengantuk, serta pada hakekatnya ia tak suka dalam hal berusaha.

Lalu kemudian ada tokoh bernama Ohta, dia adalah cowok bertubuh tinggi yang menyukai makanan manis.

Ia adalah teman sebangku Tanaka yang tak dapat membiarkan Tanaka begitu saja dengan siifatnya yang seperti itu, pada akhirnya tanaka berpangku tangan kepada ohta.

Musim Tayang Spring 2016, Tanggal Tayang 9 April 2016 – 25 Juni 2016, berjumlah 12 episode.

10. Hinamatsuri

Kisahnya bermula dari seorang Yakuza bernama Yoshifumi Nitta, tertimpa benda aneh tepat diatas kepalanya.

Ia berusaha mendiamkan saja namun benda itu penuh dengan hal yang aneh, akhirnya ia menekan suatu tombol dan keluarlah Hina. Ia memiliki kekuatan psikokinetika yang dahsyat, awalnya ia tak mau mengadopsinya.

Namun, dikarenakan keberadaan barang-barang antiknya terancam ia akhirnya menyetujui.

Dan dimulailah, kisah yang tak pernah ditebak akan menjadi seperti apa dikemudian hari.

Musim Tayang Spring 2018, jumlah episode 12, tanggal tayang 6 April 2018 – 22 Juni 2018.

11. Non Non Biyori

Menceritakan tempat tak terjamah banyak orang hanya dihuni beberapa warga desa yang snagat rukun dan damai, didesa bernama Asahigaoka.

Terdapat satu sekolah tua yang mencampur beberapa kelas menjadi 1 kelas yang sama, di sanalah ada 5 orang anak.

Renge Miyauchi, Natsumi Koshigaya, Komari Koshigaya, Suguru Koshigaya dan siswa pindahan kelas lima SD bernama Hotaru Ichijo.

Bersama dengan guru di sekolah itu yang tidak lain kakak Renge yakni Kazuho Miyauchi, lalu penjaga toko permen lokal lulusan sekolah itu bernama Kaede Kagayama.

Ada juga kakak Renge yang lain yaitu Hikage Miyauchi siswi tahun pertama sekolah menengah sesudah pulang ke kampung melebih-lebihkan kehidupannya di Tokyo kepada 5 sekawan.

Ada pula Yukiko Koshigaya ibu dari 3 kakak beradik Koshigaya, bahkan ada Konomi Fujimiya siswa tahun ketiga lulusan sekolah itu yang bertempat tinggal disebelah keluarga Koshigaya, dan terakhir Honoka Ishikawa siswi kelas satu yang berlibur menemui neneknya di desa dan menjadi teman Renge saat liburan musim panas terjadi.

Musim Tayang Fall 2013,  jumlah episode 12, Tanggal Tayang 8 Oktober 2013 – 24 Desember 2013.

12. Blend S

Berlatar dari tokoh Maika Sakuranomiya, ia adalah seorang siswi sekolah menengah, yang sulit mendapatkan pekerjaan dikarenakan tatapan matanya menakutkan saat ia berusaha untuk tersenyum.

Namun kemudian, dia bertemu dengan lelaki bule yang tidak lain ternayta manajer Style. Tema dari kafe itu adalah kumpulan karakter tertentu, semisal loli, tsundere, dan akhirnya ia menemukan karakter sadistik yang melekat di diri Maika.

Akhirnya Maika bisa mendapatkan pekerjaan paruh waktu, dengan menjadi salah satu karakter pelayan di kafe tersebut dengan pesonanya.

Musim Tayang Fall 2017, berjumlah 12 episode, Tanggal Tayang 8 Oktober 2017 – 24 Desember 2017.

13. Gin no Saji

Dikisahkan sesudah gagal lulus ujian masuk sekolah menengah atas yang direncanakannya untuk dihadiri, Yuugo Hachiken kemudian pindah dari rumahnya di pinggiran kota dan lalu mendaftar di Sekolah Menengah Pertanian Ooezo.

Hubungannya dengan keluarganya tak begitu kondusif yang mengakibatkan bersitegang di awal cerita, terpengaruh keputusan untuk dapat bersekolah di sekolah yang jauh dari rumah.

Dia terus-menerus mengkhawatirkan karir masa depannya, selama serial ini. Namun tanpa sadar, dia segera mulai menemukan dirinya perlahan-lahan terbiasa dengan lingkungan barunya di pedesaan.

Walaupun terkadang  ada beberapa insiden di perjuangan awal, dan tumbuh menjadi individu yang berempati dan penuh kasih saat dia berjuang untuk bisa memahami dunia pertanian serta bagaimana hal itu dapat mempengaruhi kehidupan teman-teman barunya.

Musim Tayang Summer 2013, jumlah episode 22, Tanggal Tayang 12 Juli 2013 – 20 September 2013.

14. Udon no Kuni no Kiniro Kemari

Kisah ini berputar di sekitar, kehidupan Souta Tawara.

Setelah kembali, ia bersedih tau bahwa restoran keluarganya dulu kini telah bangkrut selama tak ada dirinya.

Sambil mengenang masa lalunya, ia berjalan kedalam restoran dan menemui anak kecil didalam panci masak.selang waktu ia sadar bahwa anak itu ialah tanuki, yang telah ada selama beberapa tahun tinggal di Kagawa.

Lalu ia membulatkan tekad mengasuhnya, dan  memberi nama Poco.

Dan dimulainya kisah mereka, yang begitu menghangatkan hati dan jiwa.

Musim Tayang Fall 2016, jumlah episode 12, Tanggal Tayang 9 Oktober 2016 – 25 Desember 2016.

15. Yuru Camp

Cerita bermula dari seorang gadis , yang bernama Rin Shima. Pada saat aktivitas camping yang dikerjakannya, ia menyukai melakukan solo camp / seorang diri bila dibandingkan membentuk kelompok.

Akan tetapi setelah pertemuanmya dengan gadis bernama Nadeshiko, dari sinilah petualangan camping berkelompok dimulai.

Musim Tayang Winter 2018, jumlah episode 12, Tanggal Tayang 4 Januari 2018 – 22 Maret 2018.

16. Kakushigoto

Kakushigoto berarti “rahasia” dan “pekerjaan menggambar” tayang 2 April 2020 – 18 Juni 2020 dengan Jumlah Episode 12.

Mengisahkan Kakushi Goto, seorang ayah yang berprofesi sebagai penggambar dari manga bertema ecchi didalam hidupnya.

Dia begitu cemas bahwa nanti anak perempuannya, yang bernama Hime.

Dapat dibuat terkejut bila mengetahui jika pekerjaannya itu, maka Kakushi berjanji akan berusaha menyembunyikan dan  merahasiakan pekerjaannya itu seumur hidupnya.