Sword Art Online penyebutan dalam bahasa Jepang ialah Sōdo Āto Onrain ini merupakan sebuah seri dari novel Jepang rringan yang telah ditulis oleh Reki Kawahara kemudian diilustrasikan oleh ABEC.

Cerita itu digambarkan berada di masa yang akan datang, serta berfokus pada suatu game MMORPG berbasis virtual reality. 

Tertinggal pada dunia berkonsep video game ialah kisah yang tak seburuk itu, seperti halnya Asuna serta Kirito yang justru dapat saling bertemu hingga sampai menikah via online.

Di sekitaran tahun 2022, perkembangan jaman telah mencakup sampaike arah game yang bisa menjadi nyata atau sebaliknya kita yang bisa masuk ke dalam game dengan realitas yang menakjubkan.

Disinilah awal dari itu semua terjadi, dengan adnaya Sword Art Online pertama kali diluncurkan. Para pemain bisa membuat karakter Avatar serta mengontrol mereka pada pikirannya, dengan bantuan konsol teknologi NeverGear. 

Satu diantara banyaknya pemain Beta server yang berkesempatan memainkannya ialah Kirito, alias Kazuto Kirigaya. Bersama dnegan banyaknya player dari penjuru dunia, Kirito bermain di abad pertengahan bertema fantasi Aincrad yang rumit namun indah.

Akan tetapi surga yang diharapkan berubah menjadi neraka bencana bagi mereka, game master membekukan mereka di dunia game yang ia ciptakan dan tak dapat keluar kecuali game telah diselesaikan yang mana game ini memiliki 100 level gamenya.

Prinsip permainan Kirito ialah bertarung seorang diri, meski begitu kini ia harus dapat bergabung dengan seluruh player. Disanalah ia bertemu dengan pemimpin guild terkenal, yakni Asuna Yuuki.

Serta terdapat kemungkinan dimana jika mereka mati didalam game maka sama dengan mati di dunia nyata, yang justru dengan berita ini membuat se isi orang-orang disekitar menjadi panik.

Disinilah Kirito akan diuji dengan harus bertahan tak lupa berjuang,demi terbebas dari belenggu game virtual. Anime ini begitu diminati banyak kalangan, tak sedikit orang bahkan sampai menonton ulang.

Banyak yang tertarik dan dibuat terpukau, bahkan sampai ingin mencari anime yang mirip seperti SAO termasuk kamu pastinya. Maka ini inila,  beberapa urutannya : 

8 Rekomendasi Anime Mirip Sword Art Online (S.A.O)

1. Hai to Gensou no Grimgar

Tokoh utama SAO yang digambarkan terlalu OP diawal kisah, menjadi perbincangan bagi kritikus mengenai film Sword Art Online ini.

Ada juga yang kurang menyukai adanya kisah harem di SAO, entah itu cemburu maupun asli terlalu berlebih-lebihan.

Kedua hal itu tak akan ditemukan di film Grimgar of Fantasy and Ash, karena akan ditampilkan pertarungan berdasarkan kebersamaan party dan saling membangun bukannya tokoh utama yang mendominasi segala hal.

2. Overlord

Kisah dimulai dengan game populer, realitas virtual Yggdrasil telah hadir. Akan tetapi, master guild Ainz Ooal Gown yaitu Momonga.

Penyihir yang kuat itu berpikir, untuk tetap berada di dalam game sampai penutupan game server terjadi. Sayangnya hal yang diluar nalar pun terjadi, ia tak sadar seiring berjalannya waktu justru para NPC didekatnya mulai membangun atas ego dan sifat mereka.

Diberikan kenyataan yang begitu menggelegar, Momonga berusaha tetap tegar dan meyakinkan para pengikutnya untuk tetap setia padanya. Tak lupa juga mengawasi dunia luar dan mencari informasi tentang apa yang terjadi sebenarnya, ia pun menyebarkan nama Ainz Ooal Gown harap-harap ada yang tau lalu mendekatinya.

3. Log Horizon

Dalam 1 waktu yang singkat, 30rb player Jepang dibuat bingung karena terbawa dai dunia nyata menuju game MMORPG yang terkemuka itu.

Diyakini karena pembaharuan Penatua Tale, mereka tak dapat keluar dari dunia itu. Satu diantara ribuan player terdapat mahasiswa bernama Shiroe, ia adalah orang yang lemah terhadap sosial jarang berinteraksi namun hebat di game.

Dengan cepatnya setelah sadar, ia mulai mencari informasi dan mengeksplorasi kemungkinan potensi yang ada disekitarnya. 

Shiroe harus dapat membiasakan dirinya di dunia antah berantah ini, kemudian memandu player lain serta melakukan negosiasi dengan orang pribumi demi menstabilkan kota Akihabara.

Dia bertemu Naotsugu kawan lamanya yang terjebak beberapa tahun setelahnya, lalu dengan assassin kecil bernama Akatsuki yang kini memanggil tuan.

Cerita bertema petualangan fantasi dibalut politik ini, membuat Log Horizon menjadi film anime dengan menggabungkan elemen video game dengan realitas ahli strategi yang dengan tanggapnya mengolah situasi menjadi manfaat.

4. Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku

Sesudah kalian melihat berbagai episode diawal anime ini, susah dikatakan untuk menyangkal untuk membandingkan dengan Sword Art Online.

Isi permainan saat tak bisa keluar, juga perlunya menjaga nyawa untuk gak mengalami kematian di dunia nyata kalian, dan terakhir cara agar bisa meloloskan diri dari  virtual realitas.

Berbagai hal itu, terdapat pada kedua anime ini.

Tak lupa juga tokoh anime ini memiliki daya tarik untuk mengumpulkan harem, serta terlalu kuatnya kemampuan karakter utama.

5.The King’s Avatar

Baik itu SAO maupun The King’s Avatar atau Quanzhi Gaoshou , keduanya memiliki gamer hebat di dalam game. Walaupun film anime ini, lebih terrfokuskan ke e-sport daripada video game.

Namun meski begitu anime ini dapat dibandingkan dengan Sword Art Online, baik itu dari segi karakter maupun plot cerita.

Anime china ini memiliki penekanan yang besar pada penggambaran adegan perkelahiannya, yang dikemas sedemikian rupa epiknya. Lebih hebatnya lagi karakter utama akan alami kehancuran diawal, untuk dapat meraih kemenangan diakhi.

6. Netoge no Yome wa Onnanoko ja Nai to Omotta?

Alasan mendalam mengapa anime ini sangat disarankan untuk dilihat, ialah pada kenyataan bahwa setiap karakter akan berusaha memberikan tindakan dari apa yang mereka buat dengan sebenar-benarnya dalam permainan mereka.

Sama halnya dengan SAO, kita akan disuguhi banyaknya karakter perempuan yang akan saling bertarung dengan satu karakter utama laki-laki.

Walaupun tak akan begitu banyak adegan dramatis dan gelap yang ditampilkan, namun masih mempunyai kemiripan yang sama.

7. Accel World

Terdapat banyak teori yang menyatakan, ketertarikannya Accel Word dengan SAO. Kedua anime ini memiliki latar semesta sama,  namun berbeda di garis waktu. Dikatakan NeverGear ialah awal dari teknologi yang dipakai Accel Word.

Seorang siswa menengah yang gendut dan sering di-bully bernama Haruyuki Arita, menemukan dunianya sendiri di dalam game online.

Namun kebahagiaan sempurna itu kandas, setelah nilai tertinggi di gamenya direbut oleh wakil presiden Dewan Siswa yang terkenal yaitu Kuroyukihime. Tak lama kemudian Baru di ajak ke ruang siswa dan dikenalkan sistem Brain Burst.

Dijelaskan oleh Kuroyukihime bahwa ia memerlukan pertolongan Haru, oleh karena itu ia mengatakannya padanya. Ia berkata ingin menemukan penemu Brain Burst serta mengungkapkan fakta dari program itu.

Maka Haru, kemudian membuat sumpah untuk dapat meraih tujuan Kuroyukihime itu. Dengan syarat membantunya menyingkirkan, para pengganggu yang selalu membully dirinya. Setelah syarat terpenuhi, maka kisah dari mereka yang meraih puncak tertinggi dimulai.

8. .hack//SIGN

Terdapat pula prasangka lainnya yang menyatakan, Sword Art Online berasal dari anime lama ini. Kisah ini mengisahkan mengenai pengungkapan rahasia permainan, hingga tokoh utama pada akhirnya bisa temukan jawaban dia tak bisa keluar dari sana. 

Cerita bermula dari Tsukasa yang terbangun berada pada game bernama The World, ia tak bisa mengingat apapun itu.

Terdapat fakta mengejutkan bahwa sebagai peretas, ia tak dapat keluar dari permainan yang ia mainkan ini. Kemudian ia berkeliling dan menemukan, item pertahanan diri.

Selain Tsukasa ada pemain lainnya yang mengetahui fakta dibalik kejadian yang terjadi ialah Subaru, pemimpin dari Crimson Knights. Lalu, dimulailah mereka mencari jawaban dari masalalh yang dihadapi oleh Tsukasa sebelum terjadi sesuatu yang tak terduga.


Itulah beberapa rekomendasi anime mirip Sword Art Online atau SAO. Mana yang mau kamu tonton pertama kali?